Kemalangan Orang Benar

 



Minggu, 9 Juni 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 31-35


Mazmur 34:20 (TB)  Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu; 


Sebagian besar orang berpendapat jika menjadi orang benar dan hidup benar, maka semua akan baik-baik saja dan tidak mengalami masalah. Tetapi Mazmur 34:20 berkata sebaliknya yaitu kemalangan orang benar banyak. Sinonim dari kemalangan ditunjukkan oleh ayat tersebut dalam versi yang lain, yaitu penderitaan dan kesusahan.


Mazmur 34:20 (BIMK) Banyaklah penderitaan orang baik, tetapi TUHAN membebaskan dia dari semuanya.


Mazmur 34:19 (FAYH)  Orang yang baik juga mengalami kesusahan, tetapi TUHAN menolong dia dalam setiap kesusahan yang dihadapinya 


Mengapa Tuhan mengijinkan orang benar mengalami banyak kemalangan?


1. Supaya orang benar semakin bergantung kepada Tuhan.


Semakin orang benar mengalami tekanan justru imannya akan bertumbuh dan semakin mencari wajah Tuhan.

Sebab itu 2 Timotius 3:10-17 mengatakan bahwa iman timbul dalam penganiayaan dan pembacaan Kitab Suci. Tentu saja kemalangan yang dialami oleh orang benar bukan terjadi karena kesalahan yang ia lakukan, melainkan karena pencobaan dan orang fasik yang tidak menyukai orang benar.


2. Supaya mujizat Tuhan dinyatakan.


Ketika orang benar mengalami kemalangan, maka Tuhan akan melepaskannya. Mujizat dan pertolongan Tuhan akan diberikan kepada orang benar dengan tujuan agar mujizat Tuhan dinyatakan. Alkitab menulis hampir semua orang benar mengalami mujizat Tuhan saat mereka mengalami kemalangan. Misalnya Daniel dan trio Sadrakh, Mesakh dan Abednego ... ketika mereka mengalami diskriminasi dan aniaya oleh sebab iman mereka kepada Tuhan, maka Tuhan melepaskan dan semua orang memuliakan Tuhan.


Roma 8:28 (TB)  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.


Kita percaya dalam segala sesuatu yang Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup kita termasuk kemalangan, Tuhan turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan supaya nama Tuhan dimuliakan. Tetaplah taat, bertekun dan setia kepada Tuhan, pertolongan Tuhan pasti dinyatakan. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages