Ada Penyakit Akibat Dosa

 



Senin, 24 Juni 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 106-110


Mazmur 107:17-18 (TB)  Ada orang-orang menjadi sakit oleh sebab kelakuan mereka yang berdosa, dan disiksa oleh sebab kesalahan-kesalahan mereka; 

mereka muak terhadap segala makanan dan mereka sudah sampai pada pintu gerbang maut. 


Ada penyakit yang disebabkan oleh sebab kelakuan yang berdosa dan disiksa oleh kesalahan-kesalahan yang pernah dibuat. Kata "ada" menunjukkan tidak semua sakit penyakit disebabkan oleh dosa. Tetapi ada sebagian penyakit yang timbul akibat kebiasaan buruk dan kelakuan yang berdosa.


1. Akibat penyakit yang timbul akibat dosa dan kebiasaan buruk.


"Muak terhadap segala makanan" artinya tidak bisa menikmati makanan oleh sebab sakit pencernaan dan penyakit lain yang terkait. Peningkatan penderita asam lambung akhir-akhir bisa bisa diakibatkan oleh stres, gangguan kejiwaan dan kebiasaan buruk yang dilakukan. Kebiasaan buruk ini sangat luas meliputi pola makan yang tidak sehat, kurang istirahat, mengkonsumsi segala sesuatu yang mengotori tubuh. Ada penyakit sirosis hati yang disebabkan karena mengkonsumsi minuman keras. Ada pula secara kejiwaan yang memendam kekecewaan dan kepahitan.


"Sampai kepada pintu gerbang maut" artinya kondisi koma atau tidak sadar akibat sakit pada syaraf otak sebagai pusat kesadaran. Ini bisa terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah di otak atau jantung akibat kolesterol jahat (LDL), pembuluh darah yang pecah akibat tekanan darah yang terlalu tinggi. Bisa juga akibat radang pada selaput otak (meningitis). Umumnya, penyebab utama meningitis adalah virus, jamur, dan bakteri. Jadi tentu disebabkan oleh kondisi lingkungan hidup yang tidak sehat dan dibarengi dengan daya tahan (imun) tubuh yang lemah.


2. Solusi yang dianjurkan secara rohani.


Selain penyembuhan secara medis, Alkitab juga memberi nasihat bila mengalami penyakit yang diakibatkan oleh dosa dan kebiasaan buruk.


Mazmur 107:19-20 (TB)  Maka berseru-serulah mereka kepada TUHAN dalam kesesakan mereka, dan diselamatkan-Nya mereka dari kecemasan mereka, 

disampaikan-Nya firman-Nya dan disembuhkan-Nya mereka, diluputkan-Nya mereka dari liang kubur. 


Ayat tersebut memiliki arti yaitu:


a. Berdoa

Berseru-seru kepada Tuhan artinya berdoa memohon kesembuhan dari Tuhan.


Yakobus 5:16 (TB)  Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.


b. Pengampunan dan pemulihan.

Bertobat dari segala dosa dan kebiasaan buruk serta mohon pengampunan dari Tuhan. Bila memiliki masalah dengan orang lain hendaklah mengampuni dan melakukan pemulihan hubungan.


c. Mengisi hidup dengan Firman Tuhan.

Frasa "disampaikan-Nya firman-Nya" artinya kita harus menerima firman Tuhan dan mengisi hidup kita dengan firman Tuhan. Firman Tuhan yang kita terima akan menguatkan iman untuk mengalami mujizat dan kesembuhan dari Tuhan.


Marilah kita menjaga kesehatan diri masing-masing. Milikilah pola hidup yang sehat dengan menjaga perilaku yang baik dan menjauhkan diri dari dosa. Bila ada yang mengalami penyakit akibat dosa dan perilaku yang buruk, imanilah kebenaran firman Tuhan. Bertobatlah, lakukan pengampunan dan pemulihan serta isilah hidup kita setiap hari dengan firman Tuhan. Terpujilah Tuhan yang menyembuhkan dan memberikan kita kehidupan yang sehat. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages