Doa Yang Dikabulkan


Senin, 1 Juli 2024

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 141-145

Mazmur 145:19 (TB)  Ia melakukan kehendak orang-orang yang takut akan Dia, mendengarkan teriak mereka minta tolong dan menyelamatkan mereka. 

Pertanyaan seputar apakah doa kita dikabulkan Tuhan selalu menarik dan membuat penasaran. Pada umumnya jawabannya adalah doa dikabulkan Tuhan apabila sesuai dengan kehendak-Nya. Padahal kita seringkali belum memahami kehendak Tuhan sehingga sangat sulit mendapatkan keyakinan bahwa doa kita akan dikabulkan.

Melalui Mazmur 145:19 kita mendapati syarat sebuah doa dikabulkan oleh Tuhan, yaitu apabila yang berdoa adalah orang yang takut akan Tuhan. 

Siapakah orang yang takut akan Tuhan?

1. Orang yang melakukan Firman Tuhan.

Dalam terjemahan Bahasa Indonesia Masa Kini, orang yang takut akan Tuhan adalah orang yang takwa yaitu yang melakukan firman Tuhan.

Mazmur 145:19 (BIMK)  Ia menyenangkan hati orang-orang yang takwa; Ia mendengar seruan mereka dan menyelamatkan mereka. 

2. Orang yang menghormati Tuhan

Dalam terjemahan Firman Allah Yang Hidup, orang yang takut akan Tuhan diartikan sebagai orang-orang yang menghormati Tuhan dan percaya kepada-Nya.

Mazmur 145:19 (FAYH)  Ia mengabulkan keinginan orang-orang yang menghormati Dia dan yang mempercayakan diri kepada-Nya. Ia mendengar seruan mereka yang meminta pertolongan-Nya dan Ia menyelamatkan mereka.

3. Orang yang benar

Dalam surat Yakobus orang yang takut akan Tuhan juga disebut sebagai orang benar. Yaitu mereka yang hidup dalam kekudusan dan kebenaran.

Yakobus 5:16 (TB)  Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

4. Orang yang hidup dalam persekutuan dengan Tuhan.

Sedangkan dalam Injil Yohanes, orang yang takut akan Tuhan diartikan sebagai orang yang hidup dalam persekutuan dengan Tuhan.

Yohanes 15:7 (TB)  Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Berdasarkan ayat Firman Tuhan di atas marilah kita hidup dalam takut akan Tuhan agar doa-doa kita dikabulkan oleh Tuhan. Orang yang takut akan Tuhan mengerti kehendak Tuhan karena hidup dalam persekutuan yang intim dan mengenal Firman Tuhan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages