Tuhan Maha Tahu

 



Rabu, 29 Mei 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Ayub 28-30


Ayub 28:24 (TB)  Karena Ia memandang sampai ke ujung-ujung bumi, dan melihat segala sesuatu yang ada di kolong langit. 


Orang benar menyadari bahwa Tuhan melihat segala yang diperbuat bahkan Tuhan mengetahui segala isi hati. Itulah sebabnya sikap hidupnya takut akan Tuhan karena menyadari Tuhan melihat segala sesuatu.


Ada orang-orang yang takut kepada manusia, misalnya takut kepada polisi, penegak hukum atau pimpinan. Ketika orang yang mereka takuti datang mereka segera bubar, lari dan menyembunyikan segala perbuatan mereka yang melanggar hukum. Mereka berusaha menghilangkan barang bukti, ada yang berhasil tetapi ada pula yang gagal. 


Kepada manusia yang tidak maha tahu, banyak orang menjadi takut atau minimal segan kepada mereka. Tetapi anehnya di hadapan Tuhan Yang Maha Tahu, banyak orang dengan santai dan merasa tidak bersalah tetap melakukan dosa. Mengapa mereka berlaku demikian?


1. Tidak mengenal Tuhan secara pribadi.


Hal ini menyebabkan orang tidak memiliki sikap takut akan Tuhan. Mereka berpikir Tuhan tidak melihat sehingga tidak memahami bahwa Tuhan adalah Roh yang Maha Hadir dan Maha Tahu. Mengenal Tuhan secara pribadi akan menyadarkan seseorang bahwa Tuhan ada dalam hidupnya setiap waktu dan Tuhan melihat segala sesuatu yang terjadi.


2. Hati nurani telah menjadi bebal.


Hati nurani sebenarnya adalah alarm yang Tuhan berikan kepada manusia. Fungsinya mengingatkan manusia pada kebenaran pada saat akan atau telah berbuat dosa. Hati nurani yang telah menjadi bebal tidak lagi peka kepada suara Roh Kudus. Ini disebabkan telah berulang kali mengabaikan peringatan dan teguran Roh Kudus. Akibatnya pada saat melakukan dosa tidak ada lagi rasa bersalah. 


Mazmur 14:1 (TB)  Untuk pemimpin biduan. Dari Daud. Orang bebal berkata dalam hatinya: "Tidak ada Allah." Busuk dan jijik perbuatan mereka, tidak ada yang berbuat baik. 


Marilah kita menyadari dan mengenal karakter Tuhan yang Maha Tahu. Pengenalan ini akan membawa kita menjadi pribadi yang takut akan Tuhan sehingga kita tidak hidup dalam dosa. Tuhan mengetahui segala yang kita pikirkan, mendengar segala yang kita katakan dan melihat segala yang kita perbuat. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages