Bertanggung Jawab Atas Dosa Sendiri

 




Senin, 6 Mei 2024


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Tawarikh 25-27


2 Tawarikh 25:4 (TB)  Tetapi anak-anak mereka tidak dihukum mati olehnya, melainkan ia bertindak sesuai dengan apa yang tertulis dalam Taurat, yakni kitab Musa, di mana TUHAN telah memberi perintah: "Janganlah ayah mati karena anaknya, janganlah juga anak mati karena ayahnya, melainkan setiap orang harus mati karena dosanya sendiri." 


Setiap orang bertanggung jawab atas dosanya sendiri. Seorang anak tidak bisa mengandalkan ayahnya yang takut akan Tuhan atau mengkhawatirkan statusnya karena ayahnya seorang pendosa. Memang setiap perbuatan dosa akan memiliki dampak dalam keluarga, tetapi setiap orang bertanggung jawab atas dosanya sendiri.


Apakah dosa? Dalam bahasa Yunani menggunakan kata "hamartia" artinya meleset dari sasaran. Jadi dosa adalah segala sesuatu dalam hidup kita yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. 


Yakobus 4:17 (TB)  Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa. 


Setiap orang telah berdosa, ini dapat kita buktikan dimulai dari anak kecil. Tanpa diajari berbuat dosa pun mereka bisa berbohong, menentang orang tua, berkelahi dan sebagainya.


Roma 6:23 (TB)  Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. 


Mengingat bahwa upah dosa adalah maut (kematian), marilah kita jauhi dosa baik dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan. Kelak di hari akhir kita akan mempertanggungjawabkan semuanya di hadapan Tuhan. Kristus Yesus telah menebus dosa kita, tetapi jangan kita kembali hidup dalam dosa supaya kita bisa mengalami hidup kekal yang Tuhan sediakan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages