Pembangunan Kembali Dilanjutkan

 



Sabtu, 11 Mei 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Ezra 4-6


Ezra 6:8 (TB)  Lagipula telah dikeluarkan perintah olehku tentang apa yang harus kamu perbuat terhadap para tua-tua orang Yahudi mengenai pembangunan rumah Allah itu, yakni dari pada penghasilan kerajaan, dari pada upeti daerah seberang sungai Efrat, haruslah dengan seksama dan dengan tidak bertangguh diberi biaya kepada orang-orang itu.


Pembangunan Bait Suci kedua setelah orang Yehuda pulang dari pembuangan mengalami pasang surut. Para musuh bangsa Israel melemahkan semangat, menyogok para penasihat raja, menyebarkan fitnah bahkan sampai melakukan kekerasan agar pembangunan Bait Suci gagal. Akibatnya proses pembangunan Bait Suci memakan waktu yang lama pada tiga pemerintahan raja Persia yaitu raja Koresh, raja Arthasasta dan raja Darius.


1. Raja Koresh


Memulangkan bangsa Yehuda kembali ke Yerusalem, memerintahkan rakyat Persia memberikan dana untuk pembangunan bahkan mengirim para ahli untuk pembangunan Bait Suci.


2. Raja Arthasasta


Termakan fitnah para kepala daerah di sekitar Yehuda yang menyebarkan fitnah untuk menggagalkan pembangunan Bait Suci. Akibatnya pembangunan Bait Suci terhenti.


3. Raja Darius


Mengadakan penelitian tentang pembangunan Bait Suci yang terhenti. Setelah ditemukan naskah kerajaan tentang perintah raja Koresh untuk membangun Bait Suci, maka raja Darius mengijinkan kembali pembangunan Bait Suci bahkan menyediakan dana yang dibutuhkan dari perbendaharaan kerajaan.


Ezra 6:7-8 (TB)  Biarkanlah pekerjaan membangun rumah Allah itu. Bupati dan para tua-tua orang Yahudi boleh membangun rumah Allah itu di tempatnya yang semula.

Lagipula telah dikeluarkan perintah olehku tentang apa yang harus kamu perbuat terhadap para tua-tua orang Yahudi mengenai pembangunan rumah Allah itu, yakni dari pada penghasilan kerajaan, dari pada upeti daerah seberang sungai Efrat, haruslah dengan seksama dan dengan tidak bertangguh diberi biaya kepada orang-orang itu.


Apa yang dapat kita pelajari dari kisah tersebut?


1. Pembangunan rumah Tuhan adalah proses iman yang harus dilewati. Ada keadaan yang mudah, ada yang sulit, ada masalah dan tantangan tetapi ada pula berkat dan mujizat. Yang dibutuhkan adalah kesetiaan dan iman kepada janji Tuhan agar pembangunan rumah Tuhan bisa diselesaikan.


2. Pada setiap musim yang terjadi ada orang-orang yang dipakai Tuhan untuk mendukung pekerjaan pembangunan.

Pada mulanya Tuhan memakai raja Koresh untuk mendukung pembangunan. Setelah mengalami masalah dan pembangunan terhenti, maka Tuhan memakai raja Darius untuk melanjutkan dan menyediakan dana bagi pembangunan Bait Suci.


Dalam proses pembangunan selalu ada orang-orang yang dipakai Tuhan untuk mendukung pembangunan. Jika dahulu Tuhan pakai orang lain, apakah saat ini Tuhan berbicara kepada Anda, bahwa Ia akan memakai Anda untuk menyelesaikan pembangunan? Kiranya kasih karunia Tuhan melimpah dalam kehidupan Anda. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages