Menggali Lubang Terjerumus Ke Dalamnya

 



Minggu, 19 Mei 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Ester 7-9


Ester 7:10 (TB)  Kemudian Haman disulakan pada tiang yang didirikannya untuk Mordekhai. Maka surutlah panas hati raja. 


Ada peribahasa barang siapa menggali lubang, ia akan terperosok ke dalamnya.

Artinya siapa yang berniat (berbuat) jahat terhadap orang lain akan mendapat kecelakaan sendiri. 


Peribahasa tersebut cocok bila dikaitkan dengan kehidupan Haman. Ia mendirikan tiang untuk menyulakan (membunuh dengan cara digantung) yang dipersiapkan untuk Mordekhai. Intervensi Tuhan terjadi, Mordekhai seorang yang benar dan takut akan Tuhan mengalami pembelaan Tuhan. Bukan Mordekhai yang akhirnya disulakan, tetapi justru Haman sendiri yang disulakan pada tiang yang dibuatnya sendiri.


Pelajaran hari ini adalah agar kita hidup dalam perdamaian dengan semua orang. Jangan membuat perkara dengan orang benar atau orang yang takut akan Tuhan karena resikonya justru berbalik kepada diri sendiri.


Roma 12:18 (TB)  Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang! 


Sebaliknya bila kita memberkati orang lain, maka kita justru kembali menerima berkat. Dalam hal ini berlaku hukum tabur tuai. Siapa menabur angin akan menuai badai.


Hosea 8:7 (TB)  Sebab mereka menabur angin, maka mereka akan menuai puting beliung; gandum yang belum menguning tidak ada pada mereka; tumbuh-tumbuhan itu tidak menghasilkan tepung; dan jika memberi hasil, maka orang-orang lain menelannya. 


Hiduplah bijaksana, takut akan Tuhan dan dalam perdamaian dengan semua orang. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages