Mengatasi Insomnia

 



Kamis, 23 Mei 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Ayub 10-12


Ayub 11:18 (TB)  Engkau akan merasa aman, sebab ada harapan, dan sesudah memeriksa kiri kanan, engkau akan pergi tidur dengan tenteram; 


Insomnia adalah masalah sulit tidur dan sulit tidur nyenyak yang berkelanjutan.

Sebagian besar kasus insomnia terkait dengan kebiasaan kurang tidur, depresi, kecemasan, kurang olahraga, penyakit kronis, atau obat-obatan tertentu.


Karena penderitaan yang dialami, maka Ayub mengalami insomnia. Sahabatnya yang bernama Zofar memberi nasehat bila Ayub memiliki harapan maka ia akan merasa aman dan tidur dengan dengan tenteram.


Berbagai masalah menyebabkan kecemasan dan depresi sehingga seseorang mengalami insomnia. Masalah yang dimaksud antara lain masalah keluarga, masalah kesehatan, masalah pekerjaan, masalah keuangan, masalah pasangan hidup dan berbagai masalah lain yang terus-menerus menekan, menyebabkan ketakutan dan menyita banyak pikiran. Di samping itu kebiasaan bermain gadget (handphone) sampai tengah malam juga menyebabkan insomnia.


Bila Anda mengalami masalah-masalah tersebut jangan biarkan sampai membuat Anda mengalami insomnia. Solusinya adalah miliki pengharapan maka Anda akan merasa aman dan tenteram. Pengharapan di dalam Kristus membuat kita mengalami ketenangan dan damai sejahtera dalam menjalani kehidupan setiap hari. Pengharapan bahwa Tuhan selalu menolong dan menyertai Anda, Dia tak pernah membiarkan Anda berjuang seorang diri.


Amsal 3:24 (TB)  Jikalau engkau berbaring, engkau tidak akan terkejut, tetapi engkau akan berbaring dan tidur nyenyak. 


Fasilitas dan kamar yang mewah belum tentu membuat kita bisa tidur dengan nyenyak. Tetapi bila kita berpengharapan di dalam Tuhan maka kita bisa menikmati tidur dengan nyenyak. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages