Tuhan Jaminan Hidup Kita

 



Sabtu, 25 Mei 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Ayub 16-18


Ayub 17:3 (TB)  Biarlah Engkau menjadi jaminanku bagi-Mu sendiri! Siapa lagi yang dapat membuat persetujuan bagiku? 


Secara pengertian umum jaminan adalah karakter, pernyataan, perjanjian, jabatan, tanda kepemilikan atau kekayaan yang menyakinkan sebuah hubungan. 


Dalam kesesakan hidup yang dialami oleh Ayub, ia mendapati bahwa Tuhan adalah jaminan yang sanggup menolong dan memberinya kemenangan dalam menghadapi pencobaan.


Ayub 17:3 (FAYH)  Siapa lagi yang mau mendukung aku bahwa aku tidak bersalah, kalau bukan Engkau, ya Allahku, yang menjadi jaminanku? Engkau telah mencegah mereka memahami semua ini. Janganlah membiarkan mereka menang.


Tuhan menjadi jaminan iman kita, jaminan doa-doa kita dan jaminan keselamatan kita.


Yohanes 14:6 (TB)  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.


Mengapa Tuhan layak menjadi jaminan kita?


1. Tuhan tidak lalai menggenapi janji-Nya


2 Petrus 3:9 (TB)  Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat. 


2. Tuhan memberikan kasih karunia yang terbesar bagi kita.


a. Tuhan mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal bagi kita.


Yohanes 3:16 (TB)  Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.


Roma 8:32 (TB)  Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?


b. Tuhan mengaruniakan Roh Kudus bagi umat-Nya.


2 Korintus 5:5 (TB)  Tetapi Allahlah yang justru mempersiapkan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh, kepada kita sebagai jaminan segala sesuatu yang telah disediakan bagi kita.


Dalam menjalani kehidupan yang seringkali tidak mudah, marilah kita berpegang teguh kepada Tuhan sebagai jaminan hidup kita. Janji-janji-Nya terbukti dan kasih karunia-Nya melimpah bagi kita. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages