Setelah Diberkati Menjadi Kompromi

 



Jumat, 3 Mei 2024


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Tawarikh 16-18


2 Tawarikh 18:1 (TB)  Ketika Yosafat kaya dan sangat terhormat, ia menjadi besan Ahab. 


Yosafat adalah raja Yehuda yang dikenal hidupnya takut akan Tuhan. Sebab itu Tuhan memberkatinya dengan kekayaan dan kehormatan.


2 Tawarikh 17:3-5 (TB)  Dan TUHAN menyertai Yosafat, karena ia hidup mengikuti jejak yang dahulu dari Daud, bapa leluhurnya, dan tidak mencari Baal-baal,

melainkan mencari Allah ayahnya. Ia hidup menurut perintah-perintah-Nya dan tidak berbuat seperti Israel. 

Oleh sebab itu TUHAN mengokohkan kerajaan yang ada di bawah kekuasaannya. Seluruh Yehuda memberikan persembahan kepada Yosafat, sehingga ia menjadi kaya dan sangat terhormat.


Tetapi setelah diberkati ia menjadi kompromi atau menurunkan standar kerohaniannya menjadi lebih rendah. Ia menjadi besan dari Ahab. Ahab adalah raja Israel yang dikenal jahat dan melakukan penyembahan berhala.


1 Raja-raja 16:30-33 (TB)  Ahab bin Omri melakukan apa yang jahat di mata TUHAN lebih dari pada semua orang yang mendahuluinya. 

Seakan-akan belum cukup ia hidup dalam dosa-dosa Yerobeam bin Nebat, maka ia mengambil pula Izebel, anak Etbaal, raja orang Sidon, menjadi isterinya, sehingga ia pergi beribadah kepada Baal dan sujud menyembah kepadanya. 

Kemudian ia membuat mezbah untuk Baal itu di kuil Baal yang didirikannya di Samaria. 

Sesudah itu Ahab membuat patung Asyera, dan Ahab melanjutkan bertindak demikian, sehingga ia menimbulkan sakit hati TUHAN, Allah Israel, lebih dari semua raja-raja Israel yang mendahuluinya. 


Sangat disayangkan sikap yang diambil Yosafat, kompromi terhadap Ahab dengan cara menjadi besannya. Padahal Tuhan sudah memberkati dan membuat namanya terhormat. Akibatnya Yosafat mengikuti Ahab yang percaya kepada nabi-nabi palsu. 


2 Tawarikh 19:2 (TB)  Ketika itu Yehu bin Hanani, pelihat itu, pergi menemuinya dan berkata kepada raja Yosafat: "Sewajarnyakah engkau menolong orang fasik dan bersahabat dengan mereka yang membenci TUHAN? Karena hal itu TUHAN murka terhadap engkau. 


Pelajaran dari renungan hari ini:

Jangan kompromi dengan dosa dan mengikuti cara hidup orang-orang yang tidak takut akan Tuhan. Tetaplah setia kepada Tuhan dengan hidup dalam kekudusan dan melakukan firman-Nya.

Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages