Tuhan Bisa Memakai Orang Hina



Rabu, 7 Des 2016

Matius 1:3, 5-6 (TB) Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram, ... Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai,
Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari Batsyeba (isteri Uria).

Ketika kita mempelajari silsilah Yesus Kristus, kita jumpai beberapa orang berasal dari bangsa lain dan berlatar belakang orang berdosa. Tetapi ternyata iman dan pertobatan mereka membuat Tuhan bisa memakai kehidupan mereka.

Berikut ini 4 perempuan asing dalam silsilah Yesus:

1. Tamar
Berasal dari bangsa Kanaan. Menyamar menjadi perempuan sundal dan tidur dengan Yehuda mertuanya demi mendapat keturunan dari Yehuda dan melahirkan Peres.

2. Rahab
Berasal dari bangsa Kanaan. Seorang pelacur dari Yerikho yang melindungi mata-mata Yosua, dengan perjanjian bahwa kalau Yerikho dihancurkan ia dan keluarganya akan selamat.

3. Rut
Rut memang bukan perempuan sundal tetapi latar belakangnya dari bangsa Moab yang oleh orang Israel disebut sebagai bangsa kafir. Setelah suaminya mati, ia tetap mengikut Naomi dan akhirnya Boas menebus Rut dan menjadi perempuan mulia.

4. Batsyeba
Meski berasal dari Israel tapi ia telah menikahi Uria orang Het (bangsa asing). Batsyeba berzinah dengan Daud pada saat ia masih menjadi istri Uria.

Pada ke-4 perempuan di atas meskipun masa lalunya berdosa, tetapi Tuhan memperhitungkan pertobatan mereka dan iman mereka kepada TUHAN Allah, sehingga TUHAN memakai kehidupan mereka sebagai perempuan yang masuk dalam silsilah Yesus Kristus.

Apa pelajaran yang bisa kita petik?
Sekalipun masa lalu kita buruk, tetapi kalau kita sungguh-sungguh bertobat dan percaya kepada Tuhan, maka Tuhan bisa memakai kehidupan kita untuk menjadi alat bagi kemuliaan-Nya. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages