Imanuel



Kamis, 8 Des 2016

Matius 1:23 (TB) "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" — yang berarti: Allah menyertai kita.

Kata menyertai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti sebagai berikut:
1. Bersama-sama / mengiringi (tak pernah sendiri)
2. Turut, ikut (takut akan Tuhan)
3. Menemani, mendampingi (menghibur, menguatkan)
4. Mengambil bagian.

TUHAN Allah mengetahui penderitaan dan masalah yang dihadapi umat-Nya sehingga Ia hadir secara nyata di tengah umat-Nya dan menyatakan diri sebagai Imanuel.

1. Dia bersama-sama dengan kita.
Di mana pun kita berada dan dalam keadaan apapun, Dia senantiasa bersama-sama kita. Pengertian ini memberi kesadaran bahwa kita tidak pernah sendiri, oleh sebab itu jangan takut dan kuatir. Kalau Tuhan bersama dengan kita pasti pertolongan-Nya tidak pernah terlambat.

2 Dia ikut atau turut dengan kita.
Dalam pekerjaan atau keputusan apapun, dalam segala peristiwa, dalam ujian dan pencobaan apapun Dia turut dengan kita. Pengertian ini menimbulkan kesadaran untuk kita memiliki takut akan Tuhan sebab Dia mengetahui segala yang kita pikirkan, katakan dan lakukan dalam hidup kita.

3. Dia menemani dan mendampingi hidup kita.
Di saat dalam keadaan sedih dan lemah, Dia hadir untuk menghibur dan memberi kekuatan. Janganlah putus asa jika seolah-olah kita berjuang seorang diri, sebab "invisible hand" atau tangan Tuhan yang tak kelihatan sedang bekerja untuk menolong kehidupan kita.

4. Dia mengambil bagian.
Perkara-perkara berat yang kita tanggung sesungguhnya akan terasa ringan apabila kita serahkan kepada-Nya. Dia siap mengambil bagian atau memikul beban kita bersama-sama. Oleh sebab itu jangan putus asa.

Filipi 4:13 (TB) Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages