Tuhan Adil dan Setia

 



Rabu, 9 Agustus 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 61-63


Yesaya 61:8 (TB)  Sebab Aku, TUHAN, mencintai hukum, dan membenci perampasan dan kecurangan; Aku akan memberi upahmu dengan tepat, dan akan mengikat perjanjian abadi dengan kamu. 


Melalui ayat tersebut kita bisa belajar karakter Tuhan yang adil dan setia.


1. Tuhan adil


"Sebab Aku, TUHAN, mencintai hukum, dan membenci perampasan dan kecurangan."


Ayat tersebut menunjukkan karakter Tuhan yang adil yaitu mencintai hukum, membenci perampasan dan kecurangan. Demikianlah Tuhan tidak akan berlaku tidak adil kepada kita, merampas dan berlaku curang kepada kita tanpa alasan. Bila kita merasa bahwa Tuhan tidak adil, marilah kita instropeksi ... apakah ada sikap dan karakter kita yang tidak taat dan tidak seturut dengan firman Tuhan? 


2. Tuhan setia


"Aku akan memberi upahmu dengan tepat, dan akan mengikat perjanjian abadi dengan kamu."


Kesetiaan Tuhan ditunjukkan melalui sikap-Nya yang setia dan jujur terhadap segala yang kita lakukan. Bila kita hidup setia dan takut akan Tuhan, maka Tuhan akan memberi upah bagi kita dengan tepat sesuai dengan perjanjian (firman-Nya).


Ayat-ayat di bawah ini menunjukkan bahwa Tuhan memberi upah kepada mereka yang setia kepada-Nya. Dalam hal ini kita melihat karakter Tuhan yang adil dan setia.


Matius 10:41-42 (TB)  Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar.

Dan barangsiapa memberi air sejuk secangkir saja pun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya."


Galatia 6:9 (TB)  Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.


Ibrani 11:6 (TB)  Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia. 


Karakter Tuhan adalah adil dan setia, sebab itu marilah kita membangun karakter yang adil dan setia dalam kehidupan sehari-hari. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages