Berhala Pesugihan

 



Senin, 7 Agustus 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 55-57


Yesaya 57:8 (TB)  Engkau telah menaruh lambang berhalamu di ambang pintu masuk rumahmu, ya, engkau telah meninggalkan Aku dan menelanjangi dirimu, engkau telah menaiki petiduranmu dan telah melebarkannya; engkau telah mengadakan janji dengan beberapa orang yang kauingini untuk tidur bersama-sama mereka dan engkau memandangi lingga. 


Iblis memperdaya manusia dengan kekayaan. Karena manusia membutuhkan kekayaan, maka Iblis seringkali menawarkan jalan pintas mendapatkan kekayaan dengan pesugihan. Pesugihan adalah cara mendapatkan kekayaan dengan bantuan kuasa kegelapan. Banyak orang yang membuka usaha menggunakan cara yang dibenci Tuhan yaitu pesugihan. Demi memenangkan persaingan, mereka membuat perjanjian dengan kuasa kegelapan. Mereka akan memberikan sesuatu (tumbal) kepada kuasa kegelapan demi mendapatkan kekayaan.


Dalam Yesaya 57:6-13 ditulis penyembahan berhala sebagai perzinahan.


Ada beberapa fenomena dalam ayat tersebut yang masih dilakukan orang-orang sampai hari ini.


1. Berhala di ambang pintu rumah.


"Engkau telah menaruh lambang berhalamu di ambang pintu masuk rumahmu."


Pernahkah Anda datang ke rumah seseorang dan di atas ambang pintu masuk rumahnya digantung benda-benda tertentu? Mungkin berupa bungkusan kain yang digantung, rangkaian atau bungkusan daun, cermin kecil, tulisan dalam huruf tertentu, patung-patung, foto tokoh tertentu bahkan kepala binatang tertentu. Ya itu adalah tanda bahwa pemilik rumah percaya kepada pesugihan, yaitu menarik kekayaan masuk ke dalam rumah dan melindungi penghuni rumah tersebut dari orang-orang yang mereka anggap jahat.


2. Ritual seksual dengan kuasa kegelapan.


"Engkau telah meninggalkan Aku dan menelanjangi dirimu, engkau telah menaiki petiduranmu dan telah melebarkannya; engkau telah mengadakan janji dengan beberapa orang yang kauingini untuk tidur bersama-sama mereka dan engkau memandangi lingga."


Dalam ayat tersebut menggambarkan tentang perzinahan, yaitu berhubungan intim dengan kuasa gelap atau dengan bukan pasangan sebagai syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kekayaan.


Ritual seksual dengan kuasa kegelapan masih dipercaya sampai saat ini dan dilakukan orang-orang untuk mendapatkan kekayaan dengan cara pintas yang dibenci oleh Tuhan. Kita mungkin tidak menyebut cara dan nama ritualnya di sini, tetapi bila kita searching di google, akan menemukan banyak ritual seksual dan tempat-tempatnya untuk mendapatkan pesugihan dengan cara yang dibenci oleh Tuhan yaitu perzinahan.


Banyak cara mendapatkan pesugihan di masa lalu, tetap dilakukan banyak orang di masa kini. Hal ini membuktikan bahwa keinginan menjadi kaya dengan cara instan menjadi pintu masuk kuasa kegelapan mengikat dan menjatuhkan orang-orang menjadi pengikut iblis.


Sebagai orang percaya marilah kita memperkuat iman agar tidak jatuh dalam penyembahan berhala dalam mendapatkan kekayaan. Marilah kita pegang janji Tuhan, bahwa berkat Tuhanlah yang mendatangkan kaya. Berdoalah dan bekerjalah dengan rajin, agar kekayaan yang kita dapatkan sesuai dengan kebenaran firman Tuhan. Tuhan memberkati kita supaya kita menjadi berkat dan memuliakan Tuhan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages