Menjadi Terang Dunia

 



Selasa, 8 Agustus 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 58-60


Yesaya 60:3 (TB)  Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu. 


Yesaya 60 adalah nubuatan tentang Sion (gereja) di masa yang akan datang. Gereja akan menjadi terang dunia yang sedang mengalami kegelapan. Gereja yang dimaksud adalah orang percaya beserta persekutuannya.

Mengapa gereja menjadi terang dunia?


1. Memiliki Kristus sebagai terang dunia


Gereja yang mengikut Tuhan Yesus dengan taat dan setia akan mengalami terang hidup. Terang inilah yang menarik bagi orang lain bahkan bangsa-bangsa untuk datang dan belajar kepada gereja.


Yohanes 8:12 (TB)  Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."


2. Terang terpancar melalui karakter


Adanya kegelapan di dalam dunia membuat orang percaya dengan karakter Kristus semakin terlihat dan terpancar. Karakter Kristus dalam diri orang percaya akan menjadi daya tarik dan mendatangkan kemuliaan Tuhan.


Matius 5:14-16 (TB)  Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.

Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.

Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."


Milikilah cara hidup yang kudus dan takut akan Tuhan. Jangan ijinkan nilai-nilai duniawi mempengaruhi cara hidup kita.

Marilah kita menyadari dan menghidupi panggilan Tuhan untuk menjadi terang bagi dunia melalui karakter Kristus yang terpancar dari kehidupan kita. Dengan demikian terang dalam hidup kita akan menjadi daya tarik bagi dunia. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages