Teladan Yang Buruk

 



Minggu, 27 Agustus 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 49-52


Yeremia 52:2 (TB)  Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN tepat seperti yang telah dilakukan Yoyakim. 


Yoyakim, raja Yehuda yang paling parah kelakuannya dalam hal kejahatan dan penyembahan berhala. Namanya disebutkan berkali-kali sebagai "bench mark", penanda atau contoh dalam hal perbuatan keji, dosa dan jahat di mata Tuhan. Demikian pula sampai di Kitab Yeremia juga menuliskan tentang nama Yoyakim. Zedekia, Raja Zedekia melakukan apa yang jahat di mata Tuhan sehingga diingatkan juga kepada kejahatan yang dilakukan oleh Yoyakim. Kemungkinan karena ada hubungan keluarga dengan Yeremia.


Yeremia 52:1 (TB)  Zedekia berumur dua puluh satu tahun pada waktu ia menjadi raja dan sebelas tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Hamutal binti Yeremia, dari Libna.


Sungguh tidak nyaman dan menyedihkan apabila nama seseorang dikaitkan dengan kejahatan dan perilaku yang buruk. Terlebih pada masa kini, setiap kejahatan dan perilaku negatif akan mudah viral dan diketahui oleh banyak orang. Seperti dalam kasus pembunuhan ajudan polisi, nama FS menjadi sangat terkenal bukan karena kebaikannya tetapi karena kejahatannya.


Oleh sebab itu marilah bersikap dan berperilaku yang baik, benar dan takut akan Tuhan. Jauhilah setiap perbuatan yang jahat karena akan menghancurkan nama baik sampai kepada keluarga dan keturunan kita. Mungkin saja seseorang sudah tutup usia tetapi nama dan perilaku selama hidup akan selalu diingat dalam sejarah. Bila kita memberi nama kepada seseorang atau suatu tempat usaha, pastikan memiliki arti yang baik.


Pengkhotbah 7:1 (TB)  Nama yang harum lebih baik dari pada minyak yang mahal, dan hari kematian lebih baik dari pada hari kelahiran.


Kisah Para Rasul 22:12 (TB)  Di situ ada seorang bernama Ananias, seorang saleh yang menurut hukum Taurat dan terkenal baik di antara semua orang Yahudi yang ada di situ.


Jadikan nama dan diri Anda dikenal sebagai teladan yang baik, bukan contoh yang buruk. Ada peribahasa gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama. Marilah menjaga diri dan nama Anda, agar setiap orang yang mendengar nama Anda akan teringat kepada kebenaran dan kebaikan dalam diri Anda. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages