Kesembuhan dan Penghiburan

 



Minggu, 13 Agustus 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 7-9


Yeremia 8:18 (TB)  Tidak tersembuhkan kedukaan yang menimpa diriku, hatiku sakit pedih. 


Salah satu julukan Yeremia adalah nabi peratap. Ia menangisi Yehuda dan Yerusalem karena berbagai penderitaan dan kesedihan yang terjadi. Tanah mereka mengalami kekeringan, anak-anak mati, wabah penyakit melanda bahkan mereka ditawan dan dibuang ke negeri asing. Hati mereka sangat pedih dan mengalami dukacita yang dalam. Itu semua terjadi karena mereka tidak taat kepada Taurat Tuhan dan menyembah kepada berhala.


Yeremia menyerukan pengharapan kepada Yehuda dan Yerusalem, bahwa mereka akan mengalami pemulihan bila mereka bertobat dan mengandalkan Tuhan.


Yeremia 9:23-24 (TB)  Beginilah firman TUHAN: "Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya, 

tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN." 


Apakah ada di antara kita yang mengalami keadaan seperti Yehuda dan Yerusalem? Penderitaan kita begitu berat dan sarat dengan dukacita. Sakit penyakit yang belum kunjung sembuh dan berbagai masalah yang belum ada jalan keluar. Marilah kita melakukan introspeksi diri. Adakah semua terjadi karena ujian hidup yang kita hadapi ataukah ada dosa-dosa yang kita lakukan. Bila karena ujian baiklah kita memohon kekuatan dari Tuhan melewati musim kehidupan yang berat agar kita semakin indah di hadapan Tuhan. Bila karena dosa, marilah kita bertobat dan kembali kepada Tuhan. Jangan mengandalkan kekuatan diri sendiri tetapi marilah mengandalkan Tuhan. Maka Tuhan akan memberikan kesembuhan dan penghiburan. Haleluya! Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages