Jangan Mengandalkan Manusia

 


Jumat, 25 Agustus 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 43-45


Yeremia 43:7 (TB)  Lalu mereka pergi ke tanah Mesir, sebab mereka tidak mau mendengarkan suara TUHAN. Maka sampailah mereka di Tahpanhes. 


Hidup di tengah-tengah kota Yerusalem yang sudah dibumihanguskan oleh tentara Babel sangatlah susah. Sebab itu rakyat yang tersisa hendak pergi ke Mesir.

Yeremia memperingatkan bangsa Israel agar mereka jangan pergi ke Mesir. 

Mengapa tidak boleh pergi ke Mesir? Mesir menggambarkan kehidupan yang tanpa Tuhan dan mengandalkan kekuatan manusia. Dengan pergi ke Mesir mereka meninggalkan iman kepada Tuhan. Tetapi bangsa Israel yang tersisa mereka tidak mau mendengarkan suara Tuhan dan tetap pergi ke Mesir.


Banyak orang saat ini sedang menghadapi musim kehidupan yang tidak mudah baik dalam keluarga, pekerjaan maupun pelayanan. Ada sebagian yang rapuh imannya, meninggalkan Tuhan dan mencari pertolongan duniawi.


Pesan firman Tuhan: jangan meninggalkan Tuhan, memilih jalan pintas dan mencari pertolongan dunia. Jangan mengandalkan manusia dan segala kekuatannya. Sebaliknya tetaplah setia kepada Tuhan, percaya kepada janji-janji-Nya dan nantikanlah pertolongan dari Tuhan.


2 Petrus 3:9 (TB)  Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat. 


Yeremia 17:5, 7 (TB)  Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN! 

Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! 


Tetaplah bersabar menantikan pertolongan Tuhan, Dia tidak lalai menepati janji-Nya. Jangan tergiur oleh jalan pintas kepada pertolongan duniawi bahkan kuasa kegelapan. Kuatkan hati dan percayalah pertolongan Tuhan pasti datang tepat waktu. Tuhan memberi kekuatan kepada Anda. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages