Tersandung Di Dalam Gelap

 



Jumat, 18 Agustus 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 22-24


Yeremia 23:12 (TB)  Sebab itu jalan mereka akan seperti jalan-jalan yang licin bagi mereka; di dalam gelap mereka akan terserandung dan akan jatuh di sana; sebab Aku akan mendatangkan malapetaka atas mereka dalam tahun waktu mereka dihukum, demikianlah firman TUHAN. 


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata "terserandung" memiliki arti yang sama dengan "tersandung" yaitu terantuk pada (batu). Biasanya orang tersandung apabila di dalam keadaan gelap atau lalai (tidak melihat).


Ketika seseorang berada dalam kehidupan yang gelap maka ia akan tersandung dalam pencobaan atau mengalami malapetaka atau hukuman dalam hidupnya (Yeremia 23:12b).


Apakah yang dimaksud hidup di dalam gelap?


1. Hidup tanpa terang firman Tuhan.


Mazmur 119:105 (TB)  Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. 


Sesungguhnya firman Tuhan akan menerangi jalan hidup kita sehingga kita tidak mudah tersandung oleh berbagai persoalan atau pencobaan yang datang. Firman Tuhan memberi terang sehingga kita dapat bersikap dan bertindak bijaksana agar tidak melakukan kesalahan atau pelanggaran. 


Mazmur 119:130 (TB)  Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh. 


Hidup tanpa terang firman Tuhan adalah hidup dengan mengandalkan kekuatan sendiri, dan meskipun secara agamawi beribadah tetapi tidak dapat memahami kebenaran firman Tuhan.


2. Tidak percaya kepada Tuhan Yesus.


Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai terang dunia. Dengan percaya dan taat kepada-Nya kita akan memiliki kehidupan yang terang dan mengerti jalan-jalan Tuhan.


Yohanes 1:4 (TB)  Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. 


Yohanes 8:12 (TB)  Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."


3. Hidup dalam dosa atau kejahatan.


Yang dimaksud hidup dalam dosa atau kejahatan adalah baik dalam pikiran, perkataan dan perbuatan adalah kejahatan semata-mata. Hidupnya selalu melanggar kebenaran firman Tuhan.


Yohanes 3:19 (TB)  Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.


Efesus 5:11 (TB)  Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.


Hidup dalam gelap atau terang adalah pilihan. Orang yang sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan Yesus akan memilih hidup dalam terang. Sebab banyak sekali manfaat hidup dalam terang, salah satunya adalah tidak tersandung oleh pencobaan sehingga kita tetap teguh dan tegak berdiri di dalam Tuhan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages