Penghiburan Di Tengah Keterbatasan

 



Rabu, 23 Agustus 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 37-39


Yeremia 39:10 (TB)  Tetapi sebagian dari rakyat, yakni orang-orang miskin yang tidak mempunyai apa-apa, ditinggalkan di tanah Yehuda oleh Nebuzaradan, kepala pasukan pengawal. Pada waktu itu juga diberikannyalah kebun-kebun anggur dan ladang-ladang kepada mereka. 


Kota Yerusalem jatuh ke dalam kekuasaan Nebukadnezar, raja Babel. Anak-anak disembelih, raja Yehuda dibutakan, dibelenggu dan dibawa ke Babel, istana raja dan perumahan rakyat dibakar dengan api, tembok-tembok Yerusalem dirobohkan dan sebagian besar rakyat ditawan dan dibawa ke Babel. Sungguh sebuah tragedi yang pilu dan menyedihkan bagi semua penduduk Yerusalem.


Di tengah-tengah malapetaka tersebut, sebagian dari rakyat, yaitu orang-orang miskin dan tidak punya apa-apa justru mereka diberikan kelegaan. Dalam keterbatasan, mereka tidak ditawan tetapi dilepaskan dan diberikan berkat yaitu kebun-kebun anggur dan ladang-ladang kepada mereka (Yeremia 39:10).


Perenungan hari ini:

Mungkin sebagian dari kita sedang mengalami keterbatasan dalam hal harta, daya dan upaya. Tetapi kita memiliki pengharapan bahwa Tuhan selalu melindungi dan tidak pernah meninggalkan kita.


Mazmur 9:19 (TB)  Sebab bukan untuk seterusnya orang miskin dilupakan, bukan untuk selamanya hilang harapan orang sengsara. 


Miskin yang dimaksud adalah hidup dalam segala keterbatasan. Tetapi kita memiliki pengharapan bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan dan melupakan kita. Pengharapan masa depan kita di dalam Tuhan luar biasa. Sebab itu tetap semangat dalam doa, ibadah dan usaha apapun yang dapat kita lakukan. Percaya bahwa Tuhan tidak menutup mata kepada orang-orang yang bersungguh hati kepada-Nya. Pertolongan Tuhan pasti akan datang tepat pada waktu-Nya. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages