Firman Di Dalam Hati

 



Senin, 21 Agustus 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yeremia 31-33


Yeremia 31:33 (TB)  Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku. 


Salah satu tanda menjadi umat Tuhan (orang percaya) adalah Firman Tuhan ada di dalam hati kita. Apakah maksudnya?


1. Merenungkan firman Tuhan setiap hari.


Disiplin membaca dan merenungkan firman Tuhan setiap hari sangat menentukan pertumbuhan rohani. Bagaikan makanan, firman Tuhan akan menguatkan, memberi pertumbuhan dan melindungi dari pencobaan. 


Mazmur 40:9 (TB)  aku suka melakukan kehendak-Mu, ya Allahku; Taurat-Mu ada dalam dadaku." 


Mazmur 119:174 (TB)  Aku rindu kepada keselamatan dari pada-Mu, ya TUHAN, dan Taurat-Mu menjadi kesukaanku. 


Lukas 2:19 (TB)  Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya. 


Pastikan kita menyukai dan menyimpan firman Tuhan di dalam hati kita.


2. Mengubah logos menjadi rhema.


Logos adalah firman Tuhan yang tertulis di dalam Alkitab. Sedangkan rhema adalah firman Tuhan yang berbicara dalam hati kita. Ketika kita membaca dan merenungkan firman Tuhan, ini akan memproses logos menjadi rhema. Ayat-ayat firman Tuhan yang kita baca akan menjadi rhema yang berbicara dan menjadi inspirasi hidup. Ini akan selalu kita ingat dan tersimpan di dalam hati kita.


Mazmur 119:130 (TB)  Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh. 


Pastikan bukan hanya membaca Alkitab saja, tetapi sampai kepada tahap di mana kita mendapatkan rhema dan menyimpannya di dalam hati dan teringat dalam pikiran kita.


3. Rhema menjadi pendorong untuk melakukan firman Tuhan.


Rhema firman Tuhan yang sudah kita terima akan menjadi pendorong untuk melakukan firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa dilakukan kita hanya akan menjadi ahli Taurat (ahli kitab suci). Tetapi ketika kita melakukan firman Tuhan, hidup kita akan terus bertumbuh dan diubahkan seturut dengan kehendak Tuhan.


Yakobus 1:22 (TB)  Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.


Perhatikan dan mulailah lakukan ketiga langkah di atas. Maka kita akan mengalami pertumbuhan rohani dan menjadi orang percaya dengan iman yang kuat dan hidup yang berkenan kepada Tuhan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages