Tuhan Pemegang Janji



Kamis, 16 April 2020

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Raja 13-15

2 Raja-raja 13:22-23 (TB)  Hazael, raja Aram, menindas orang Israel sepanjang umur Yoahas.
Tetapi TUHAN mengasihani serta menyayangi mereka, dan Ia berpaling kepada mereka oleh karena perjanjian-Nya dengan Abraham, Ishak dan Yakub, jadi Ia tidak mau memusnahkan mereka dan belum membuang mereka pada waktu itu dari hadapan-Nya.

Dalam sejarah Kerajaan Allah terbukti bahwa Tuhan adalah pemegang janji yang setia. Tuhan telah mengikat janji kepada Abraham, Ishak dan Yakub dan dampaknya berlaku kepada keturunan mereka.

1. Perjanjian Tuhan dengan Abraham, Ishak dan Yakub.

A. Perjanjian Tuhan dengan Abraham.

Kejadian 12:1-3 (TB)  Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu;
Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.
Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat."

B. Perjanjian Tuhan dengan Ishak.

Kejadian 26:24 (TB)  Lalu pada malam itu TUHAN menampakkan diri kepadanya serta berfirman: "Akulah Allah ayahmu Abraham; janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau; Aku akan memberkati engkau dan membuat banyak keturunanmu karena Abraham, hamba-Ku itu."

C. Perjanjian Tuhan dengan Yakub.

Kejadian 35:10-11 (TB)  Firman Allah kepadanya: "Namamu Yakub; dari sekarang namamu bukan lagi Yakub, melainkan Israel, itulah yang akan menjadi namamu." Maka Allah menamai dia Israel.
Lagi firman Allah kepadanya: "Akulah Allah Yang Mahakuasa. Beranakcuculah dan bertambah banyak; satu bangsa, bahkan sekumpulan bangsa-bangsa, akan terjadi dari padamu dan raja-raja akan berasal dari padamu.

2. Perjanjian Tuhan kepada Abraham, Ishak dan Yakub digenapi bagi bangsa Israel.

2 Raja-raja 13:22-23 (TB)  Hazael, raja Aram, menindas orang Israel sepanjang umur Yoahas.
Tetapi TUHAN mengasihani serta menyayangi mereka, dan Ia berpaling kepada mereka oleh karena perjanjian-Nya dengan Abraham, Ishak dan Yakub, jadi Ia tidak mau memusnahkan mereka dan belum membuang mereka pada waktu itu dari hadapan-Nya.

Sekalipun banyak raja-raja yang memerintah Israel tidak sepenuh hati mengikut Tuhan, tetapi Ia tetap mengasihani mereka karena perjanjian yang telah diikrarkan Tuhan kepada Abraham, Ishak dan Yakub.

3. Perjanjian kepada Abraham, Ishak dan Yakub sampai kepada kita.

Kisah Para Rasul 3:25 (TB)  Kamulah yang mewarisi nubuat-nubuat itu dan mendapat bagian dalam perjanjian yang telah diadakan Allah dengan nenek moyang kita, ketika Ia berfirman kepada Abraham: Oleh keturunanmu semua bangsa di muka bumi akan diberkati. 

Galatia 3:29 (TB)  Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah.
Kabar baiknya adalah kita mewarisi perjanjian yang Tuhan ikrarkan dengan Abraham, Ishak dan Yakub.

Jadi apa yang bisa kita pelajari dari renungan hari ini?

1. Kita adalah orang-orang yang percaya kepada Tuhan Yesus diberkati Tuhan karena mewarisi janji-janji Tuhan yang diikrarkan Tuhan kepada Abraham, Ishak dan Yakub. Apapun keadaan kita saat ini, percayalah dan terimalah berkat Tuhan serta pemeliharaan-Nya dalam hidup kita.

2. Mari kita pegang teguh janji Tuhan dan hidup sesuai dengan firman-Nya agar berkat dan pemeliharaan Tuhan juga mengalir dan melimpah kepada semua keturunan kita.


Tuhan adalah pemegang janji yang setia, marilah kita mendedikasikan hidup kita untuk tetap setia kepada Tuhan dan melakukan firman-Nya. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages