Ketaatan dan Kejujuran



Senin, 6 April 2020

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Raja 4-6

1 Raja-raja 4:27 (TB)  Dan para kepala daerah itu menjamin makanan raja Salomo serta semua orang yang ikut makan dari meja raja Salomo. Mereka membawanya masing-masing dalam bulan gilirannya dengan tidak mengurangi sesuatu apa pun.

Cermin merupakan alat untuk melihat wajah atau tubuh kita. Cermin akan memantulkan keadaan kita yang sebenarnya. Cermin itu taat, pasti akan memantulkan keadaan setiap orang yang bercermin tanpa menolak. Cermin itu jujur, tidak mungkin memberikan informasi atau pantulan gambar yang berbeda dengan aslinya.

Pada masa raja Salomo, ia membuat sistem pemerintahan yang baik dan rapi. Masing-masing pejabat di istana maupun di seluruh wilayah kerajaan melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan penuh ketaatan dan kejujuran.

1. Ketaatan
Hal ini dapat kita lihat dari 1 Raja 4:27, mereka menjamin keperluan makanan raja serta seisi istana setiap bulan. Ada dua belas kepala daerah, mereka bergantian setiap bulan membawa kepada raja Salomo segala keperluan makanan. Ini menunjukkan ketaatan mereka kepada raja Salomo. Dapat disimpulkan bahwa ketaatan adalah melakukan tugas (perintah) dan tanggung jawab dengan sungguh-sungguh bahkan melakukan yang terbaik.

2. Kejujuran
Dalam kalimat selanjutnya ditulis "Mereka membawanya masing-masing dalam bulan gilirannya dengan tidak mengurangi sesuatu apa pun". Ini menunjukkan bahwa para kepala daerah jujur dalam melakukan tugasnya. Mereka tidak melakukan korupsi atau manipulasi terhadap logistik (bahan makanan) yang dikirimkan kepada raja. Mereka tidak mencari untung bagi diri sendiri sebaliknya mereka mengejar ekselensi dalam melakukan tugasnya supaya jangan didapati kesalahan pada mereka.

Di masa kini betapa sangat dibutuhkan kedua kualitas ini yaitu ketaatan dan kejujuran. Keluarga, karyawan dan pengusaha, pelajar dan mahasiswa, para pemimpin di semua lini, seluruh masyarakat serta gereja (jemaat) yang taat dan jujur. Apabila semua melakukan dengan ketaatan dan kejujuran maka keamanan dan kedamaian akan mewarnai seluruh segi kehidupan.


Marilah kita berdoa agar semua orang menjadi taat dan jujur, dimulai dari kehidupan kita secara pribadi. Marilah kita bercermin kepada firman Tuhan, apakah kehidupan kita sudah taat dan jujur di hadapan Allah? Jadilah seorang hamba yang taat dan jujur dalam mengerjakan segala hal yang Tuhan percayakan. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages