Going Strong!



Rabu, 22 April 2020

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Taw 10-12

1 Tawarikh 11:9 (TB)  Lalu makin lama makin besarlah kuasa Daud, sebab TUHAN semesta alam menyertainya.

Alkitab mencatat perbedaan raja Daud dengan dengan raja-raja Israel maupun Yehuda yang lain. Ayat tersebut memberi kesimpulan bahwa keberhasilan Daud terjadi karena TUHAN semesta alam menyertainya. Baik ketika Daud masih menjadi gembala domba, menjadi pemain kecapi (penyembah), menjadi prajurit, menjadi kepala tentara, menjadi buronan Saul sampai akhirnya menjadi raja Israel maupun Yehuda. Di masa Daud kedua kerajaan bersatu menjadi Israel dengan ibukota di Yerusalem.

Bagi jemaat yang telah lama bergabung dengan IFGF, tahun 2010 kita pernah memiliki tema "Going Strong" (Menjadi Kuat). Supaya menjadi kuat kita membangun kehidupan kita memiliki "3I" yaitu Intimacy, Intercessor dan Influence.

1. Intimacy
Intimacy berbicara tentang keintiman (hubungan erat) dengan Tuhan. Hal ini dibangun melalui persekutuan pribadi (saat teduh) setiap hari bersama Tuhan. Dalam saat teduh kita berdoa, menyembah dan merenungkan firman Tuhan. Ini adalah dasar kehidupan rohani yang membuat kita tetap kuat menghadapi setiap masalah maupun tantangan di hadapan kita.

2. Intercessor
Intercessor berbicara tentang doa syafaat. Sekalipun kita tidak memiliki kuasa, kedudukan atau jabatan, tetapi melalui doa syafaat kita bisa menggerakkan kuasa Tuhan terjadi di bumi. Pentingnya kita berdoa untuk keluarga maupun komunitas yang meliputi gereja, masyarakat/kota maupun bangsa kita. Dalam doa syafaat sesungguhnya kita menggenapi doa Bapa Kami, "Datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di Sorga."

3. Influence
Influence berbicara mengenai dampak atau pengaruh yang ditimbulkan oleh orang-orang yang memiliki intimacy dengan Tuhan dan intercessor (berdoa bagi orang lain). Wibawa ilahi dan kuasa Tuhan akan menyertai orang-orang yang taat dan memiliki persekutuan dengan-Nya sekalipun secara formal tidak memiliki kedudukan atau jabatan.


Ketiga hal tersebut (3I), ternyata terbangun dalam kehidupan Daud sehingga makin lama makin besarlah kuasa Daud. Jika kita mau menjadi semakin kuat, semakin sukses dalam setiap area kehidupan marilah kita bangun intimacy, intercessor dan influence dalam setiap kehidupan kita. Haleluya, Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages