Manajemen



Selasa, 28 April 2020

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Taw 1-3

2 Tawarikh 2:18 (TB)  Dan dari antara mereka, tujuh puluh ribu orang dijadikannya kuli, delapan puluh ribu orang tukang pahat di pegunungan, dan tiga ribu enam ratus orang mandur yang harus menyuruh orang-orang itu bekerja.

Setelah Salomo diangkat menjadi raja, ia bersiap mendirikan Bait Suci sesuai dengan firman Tuhan. Salomo hendak mendirikan Bait Allah yang besar.
2 Tawarikh 2:5 (TB)  Dan rumah yang hendak kudirikan itu harus besar, sebab Allah kami lebih besar dari segala allah.
Oleh sebab itu dibutuhkan sumber daya yang sangat besar dalam pelaksanaannya.

1. Sumber daya material.
Meskipun Daud telah menyiapkan desain dan banyak material untuk Bait Suci, karena Salomo percaya bahwa Bait Suci harus besar, maka ia menambah lebih banyak persediaan material (2 Taw 2:8-9). Di samping itu Salomo hendak mendirikan istananya bersama-sama dengan Bait Suci (2 Taw 2:1).

2. Sumber daya manusia.
Salomo mempekerjakan orang asing dari negeri Tirus yang terkenal memiliki banyak keahlian pertukangan. Maka raja Tirus mengirimkan 153.600 orang. Dari jumlah tersebut 70.000 dijadikan kuli, 80.000 dijadikan tukang pahat dan 3.600 dijadikan mandur yang mengawasi.

Apa yang dilakukan Salomo sesungguhnya adalah manajemen, yaitu seni mencapai tujuan melalui orang lain atau memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Dalam hal ini Salomo tidak mengerjakan dengan tangannya sendiri, melainkan memakai orang lain untuk mendirikan Bait Suci dan istananya.

Dalam kehidupan sehari-hari sesungguhnya kita melakukan prinsip-prinsip manajemen, yang terdiri dari planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), Actuating (pelaksanaan) dan Controling (pengawasan).
Bidang-bidang manajemen dalam kehidupan sehari-hari terjadi dalam:
- keluarga
- kemasyarakatan
- pendidikan
- pekerjaan
- usaha / bisnis
- pemerintahan
- pelayanan di gereja.


Salomo sukses mendirikan Bait Suci dan istana yang megah karena memiliki hikmat dalam mengelola manajemen. Marilah kita terus belajar, memperlengkapi diri dan meminta hikmat Tuhan agar kita bisa mencapai tujuan yang Tuhan tetapkan dengan manajemen yang baik dan bijaksana. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages