Sebuah Peringatan



Selasa, 7 April 2020

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Raja 7-9

1 Raja-raja 9:6-7 (TB)  Tetapi jika kamu ini dan anak-anakmu berbalik dari pada-Ku dan tidak berpegang pada segala perintah dan ketetapan-Ku yang telah Kuberikan kepadamu, dan pergi beribadah kepada allah lain dan sujud menyembah kepadanya,
maka Aku akan melenyapkan orang Israel dari atas tanah yang telah Kuberikan kepada mereka, dan rumah yang telah Kukuduskan bagi nama-Ku itu, akan Kubuang dari hadapan-Ku, maka Israel akan menjadi kiasan dan sindiran di antara segala bangsa.

Dalam menempuh perjalanan, ada banyak rambu lalu lintas yang kita jumpai. Semua rambu tersebut berfungsi sebagai peringatan supaya pengendara berhati-hati, mematuhinya agar tidak terjadi kecelakaan. Dari data kecelakaan lalu lintas, penyebab terbesar kecelakaan adalah human error (kesalahan manusia). Ini terjadi pada umumnya karena pengendara tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Ketika Salomo melakukan pentahbisan rumah Tuhan, Tuhan menampakkan diri kepada raja Salomo, memberikan janji (1 Raja 9:4-5) dan peringatan (1 Raja 9:6-7).
Peringatan yang diberikan kepada raja Salomo yaitu jika ia dan keturunannya berbalik dari Tuhan dan sujud kepada allah lain maka Tuhan akan mendatangkan hukuman dan kehancuran bagi Israel.

Semua peringatan tersebut sudah jelas dan mudah dimengerti. Tetapi sayangnya raja Salomo lalai dan melakukan kesalahan. Salomo memiliki banyak istri dari bangsa-bangsa lain yang kafir (tidak menyembah Tuhan). Hal ini sebenarnya sudah dilarang oleh Tuhan.  Isteri-isteri Salomo membuatnya menjadi tidak setia kepada Tuhan.

1 Raja-raja 11:4 (TB)  Sebab pada waktu Salomo sudah tua, isteri-isterinya itu mencondongkan hatinya kepada allah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada TUHAN, Allahnya, seperti Daud, ayahnya.
Sebagai akibat kesalahan Salomo, maka bangsa Israel menjadi hancur oleh musuh-musuhnya. Di samping itu rumah Tuhan menjadi reruntuhan dan menjadi sindiran bangsa-bangsa lain.


Apa yang dapat kita renungkan dari kisah tersebut? Jika Tuhan memberi peringatan, itu berarti Tuhan sayang kepada kita. Jangan melakukan "human error" atau kesalahan yang kita buat sendiri sehingga mendatangkan hukuman atau kutuk bagi kita dan keturunan kita. Marilah kita belajar untuk setia dan taat kepada peringatan Tuhan. Greater blessing, Tuhan memberkati. (Ps.BW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages