Tertua Tetapi Tidak Menjadi Teladan



Senin, 20 April 2020

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Taw 1-6

1 Tawarikh 5:1 (TB)  Anak-anak Ruben, anak sulung Israel. Dialah anak sulung, tetapi karena ia telah melanggar kesucian petiduran ayahnya, maka hak kesulungannya diberikan kepada keturunan dari Yusuf, anak Israel juga, sekalipun tidak tercatat dalam silsilah sebagai anak sulung.

Sebagai anak sulung seharusnya Ruben menjadi teladan bagi adik-adiknya. Tetapi perbuatan Ruben justru menjadi sandungan yang pada akhirnya ia kehilangan hak kesulungannya. Ruben tidur dengan Bilha, gundik ayahnya dan hal ini kedengaran sampai kepada Israel, ayahnya. Hak kesulungan diberikan kepada Yusuf sekalipun tidak tercatat sebagai anak sulung.

Usia yang lebih tua, lebih senior dan lebih tinggi kedudukannya bukan menjadi jaminan sikap lakunya benar dan takut akan Tuhan. Seringkali kita menjumpai usia lebih tua dan lebih senior tetapi justru sikap lakunya tidak bijaksana dan tidak rohani. Sebaliknya ada yang lebih muda tetapi sikap lakunya lebih dewasa, bijaksana dan lebih rohani.
Memang benar Tuhan Yesus memberi peringatan dalam Matius 19:30 (TB)  "Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir, dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu."

Jadi janganlah berkecil hati sekalipun usia masih muda dan tidak memiliki kedudukan atau jabatan, tetapi jika hidup taat dan takut akan Tuhan maka akan menjadi yang terdahulu atau berkenan di hadapan Tuhan.

1 Timotius 4:12 (TB)  Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.


Bagi kita yang bertambah usia, jadilah bijaksana dan dewasa rohani supaya bisa menjadi berkat dan teladan bagi orang-orang yang lebih muda. Selamat beraktifitas. Tuhan memberkati. (Ps.BW)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages