Peralatan Musik Dalam Ibadah


Kamis, 23 April 2020

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Taw 13-15

1 Tawarikh 15:16 (TB) Daud memerintahkan para kepala orang Lewi itu, supaya mereka menyuruh berdiri saudara-saudara sepuak mereka, yakni para penyanyi, dengan membawa alat-alat musik seperti gambus, kecapi dan ceracap, untuk memperdengarkan dengan nyaring lagu-lagu gembira.

Ada gereja yang mewarisi tradisi bahwa dalam ibadah hanya menggunakan satu jenis alat musik saja. Sebaliknya ada pula gereja yang menggunakan alat musik lengkap untuk mengiringi ibadah. Memang menyembah dalam ibadah tidak tergantung pada alat-alat musik, tetapi alat-alat musik bisa dipakai Tuhan untuk menyembah dan membawa kepada banyak pengalaman bersekutu dengan Tuhan.

Apa saja peralatan musik yang dipakai dalam ibadah menurut Alkitab?

1. Alat musik pukul.
Antara drum set, conga, cajon, perkusi, rebana dan sebagainya.
1 Tawarikh 15:19 (TB) Para penyanyi, yakni Heman, Asaf dan Etan harus memperdengarkan lagu dengan ceracap tembaga.

2. Alat musik petik nada tinggi.
Antara lain gitar baik akustik maupun elektrik, juga piano sebab piano klasik terdiri dari dawai-dawai yang dipetik/dipukul. Dalam musik modern piano telah berevolusi menjadi keyboard atau digital piano. 1 Tawarikh 15:20 (TB) Zakharia, Aziel, Semiramot, Yehiel, Uni, Eliab, Maaseya, Benaya harus memainkan gambus yang tinggi nadanya,

3. Alat musik petik yang rendah nadanya.
Antara lain gitar bass yang kita kenal saat ini baik akustik maupun elektrik.
1 Tawarikh 15:21 (TB) sedang Matica, Elifele, Mikneya, Obed-Edom, Yeiel dan Azazya harus memainkan kecapi yang delapan nada lebih rendah tingkatnya untuk mengiringi nyanyian.

4. Alat musik tiup. Antara lain terompet, saxophone, seruling, flute dan sebagainya.
1 Tawarikh 15:24 (TB) dan Sebanya, Yosafat, Netaneel, Amasai, Zakharia, Benaya dan Eliezer, yakni imam-imam itu, meniup nafiri di hadapan tabut Allah, sedang Obed-Edom dan Yehia adalah penunggu pintu pada tabut itu. 

Sesungguhnya referensi di Alkitab menunjuk kepada alat musik lengkap untuk mengiringi ibadah. Jika gereja diberkati sebaiknya menggunakan alat musik lengkap minimal keyboard, gitar akustik/elektrik, gitar bass dan alat musik tiup. Jadi jangan membatasi diri kepada satu jenis alat musik saja. Dengan alat musik yang lengkap dapat membangkitkan ekspresi sukacita dan gairah dalam memuji Tuhan.

Bersyukur jika Tuhan sudah memberi kita alat-alat musik untuk beribadah, tetapi yang jauh lebih penting adalah persiapkan hati, jiwa dan roh kita untuk menyembah Tuhan. Haleluya, Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages