Memuaskan Keinginan Daging Menjauhkan Dari Tuhan



Rabu, 8 April 2020

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Raja 10-12

1 Raja-raja 11:3 (TB)  Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN.

Bangsa Israel sangat berharap menjadi bangsa yang berjaya selamanya karena dipimpin oleh seorang raja yang arif dan bijaksana. Akan tetapi kenyataan berkata lain, sekalipun Salomo dikaruniai hikmat Tuhan dan sangat kaya raya melebihi raja manapun, ia tidak bisa menguasai diri. Salomo yang memulai pelayanannya dalam Roh, tetapi memgakhirinya dalam keinginan daging.

1. Mengejar keinginan daging tidak ada habisnya.
Sesungguhnya Tuhan sudah berpesan kepada raja Salomo.
1 Raja-raja 11:2 (TB)  padahal tentang bangsa-bangsa itu TUHAN telah berfirman kepada orang Israel: "Janganlah kamu bergaul dengan mereka dan mereka pun janganlah bergaul dengan kamu, sebab sesungguhnya mereka akan mencondongkan hatimu kepada allah-allah mereka." Hati Salomo telah terpaut kepada mereka dengan cinta. 

Keinginan daging yang dipengaruhi oleh cinta kepada perempuan cantik telah menjauhkan diri dari Tuhan. Benarlah kata pepatah "Secantik-cantiknya wanita, masih ada yang lebih cantik daripadanya." Itulah sebabnya Salomo sampai memiliki tujuh ratus istri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik. Salomo mengejar kepuasan yang tiada akhir.

Pada umumnya jika seseorang tidak takut akan Tuhan, maka pada saat hidup dalam kelimpahan akan timbul keinginan yang bermacam-macam yang jauh dari kehendak Tuhan.
Ayat inilah yang menunjukkan Salomo memuaskan keinginan dagingnya.
Pengkhotbah 2:10 (TB)  Aku tidak merintangi mataku dari apa pun yang dikehendakinya, dan aku tidak menahan hatiku dari sukacita apa pun, sebab hatiku bersukacita karena segala jerih payahku. Itulah buah segala jerih payahku.

Sekalipun di akhir hidupnya Salomo menyadari kesalahannya, tetapi sudah sangat terlambat. Dalam kesadarannya Salomo mengatakan bahwa kecantikan tanpa takut akan Tuhan adalah sia-sia.
Amsal 31:30 (TB)  Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.

2. Mengejar keinginan daging menjauhkan diri dari Tuhan.
1 Raja-raja 11:3 (TB)  Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN.
Ayat tersebut sangat menjelaskan isteri-isteri Salomo menarik hatinya daripada Tuhan. Karena lebih menarik daripada Tuhan, Salomo membiarkan isteri-isterinya beribadah kepada allah-allah lain yang akhirnya membawa Salomo juga menyimpang dari jalan Tuhan.

Mungkin Anda berpikir, bukankah saya hanya memiliki satu isteri? Tidak mungkin isteri saya lebih menarik daripada Tuhan. Tetapi coba renungkan mana yang lebih kita prioritaskan Tuhan atau pasangan hidup kita? Jika karena pasangan hidup kemudian meninggalkan Tuhan, itu berarti kita lebih mencintai pasangan hidup daripada Tuhan.

Harus kita akui bahwa Salomo adalah raja yang berhikmat tetapi bodoh dalam perilakunya sebab tidak sesuai dengan hikmatnya. Demikian juga semua orang yang hanya mengejar keinginan daging, Alkitab menyebut mereka adalah bodoh.
Galatia 3:3 (TB)  Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging?

Keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh.
Galatia 5:17 (TB)  Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging — karena keduanya bertentangan — sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.


Pelajaran bagi kita hari ini:
Jangan hidup hanya untuk memuaskan keinginan daging. Memuaskan keinginan daging akan membawa hidup kepada kesia-siaan. Tetapi mengikuti keinginan Roh akan membawa hidup kita berkenan kepada Tuhan. Haleluya, Greater Blessing. (Ps.BW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages