Sikap Berdiri Menghormati Tuhan




Kamis, 30 April 2020

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Taw 7-9

2 Tawarikh 7:6 (TB)  Para imam telah siap berdiri pada tempat mereka. Begitu pula orang-orang Lewi telah siap dengan alat-alat musik untuk memuliakan TUHAN, yakni alat-alat musik yang dibuat raja Daud untuk mengiringi nyanyian syukur bagi TUHAN: "Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya!" setiap kali mereka ditugaskan Daud menyanyikan puji-pujian. Dalam pada itu para imam berdiri berhadapan dengan mereka sambil meniup nafiri, sedang segenap orang Israel berdiri.

Negara Inggris menganut sistem monarki atau kerajaan. Kepala negara adalah raja atau ratu, saat ini yang menduduki kursi kerajaan adalah Ratu Elizabeth II. Sedangkan kepala pemerintahan adalah perdana menteri, saat ini adalah Boris Johnson yang beberapa waktu yang lalu dikabarkan mengidap Covid-19.

Ada salah satu protokol (aturan) kerajaan yang harus dipatuhi oleh semua orang ketika sang ratu atau raja datang yaitu semua orang harus berdiri. Ini yang harus dilakukan ketika ratu atau raja memasuki ruangan. Semua harus berdiri sebagai penunjukan rasa hormat. Tidak peduli bagaimana kondisi kaki kita, harus tetap berdiri mengikuti aturan yang ada. Semua orang baru dapat duduk bila ratu atau raja sudah duduk dengan nyaman, selagi masih bergerak-gerak sebaiknya jangan duduk. Selalu perhatikan!

Bila untuk menghormati ratu atau raja, setiap orang harus berdiri terlebih dalam menghormati Tuhan. Berdiri adalah salah satu ekspresi penting dalam ibadah untuk menghormati Tuhan.
2 Taw 7:6 menggambarkan sikap hormat kepada Tuhan dengan cara berdiri. Para imam dan pelayan Tuhan berdiri, demikian pula seluruh jemaat Tuhan juga berdiri untuk menghormati kehadiran Tuhan.

Bila kita mengetahui kebenaran ini, rasanya tidak nyaman bila kita mengikuti ibadah di gereja dengan sikap duduk santai saat memuji atau menyembah Tuhan. Bertepuk tangan sambil duduk saat memuji Tuhan. Saat semua berdiri untuk menyembah sementara kita duduk saja. Bukan hanya terlihat beda dari yang lain tetapi kurang menunjukkan ekspresi penghormatan kita kepada Tuhan.

Mengenai waktu duduk atau berdiri dalam ibadah bersama, ada orang menyebutnya sebagai liturgi atau tata cara dalam ibadah. Tetapi yang sesungguhnya adalah ekspresi penghormatan kita kepada Tuhan. Tidak peduli apakah kita lelah atau sedang banyak masalah ... berdiri saat memuji dan menyembah Tuhan adalah ekspresi yang penting untuk menghormati kehadiran Tuhan dalam ibadah.


Biarlah kebenaran ini kita pegang dan kita lakukan saat kita beribadah bersama di gereja sebagai wujud penghormatan kita kepada Tuhan. Haleluya, Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages