Pemimpin Melahirkan Pemimpin



Jumat, 3 April 2020

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Samuel 19-21

2 Samuel 21:22 (TB)  Keempat orang ini termasuk keturunan raksasa di Gat; mereka tewas oleh tangan Daud dan oleh tangan orang-orangnya.

Kita tentu masih ingat kemenangam Daud atas Goliat, seorang raksasa dari bangsa Filistin. Kemenangan tersebut telah membawa Daud dalam promosi menjadi pemimpin mulai dari tentara sampai menjadi raja. Tetapi perjalanan karier Daud tidaklah mulus, ia bertahun-tahun menghadapi ancaman pembunuhan dari Saul. Di tengah pengembaraannya Daud bertemu orang-orang bermasalah di gua Adulam, membentuk mereka sampai mereka menjadi orang-orang yang gagah perkasa, yaitu pemimpin-pemimpin yang bisa dipercaya oleh Daud.

1 Samuel 22:2 (TB)  Berhimpunlah juga kepadanya setiap orang yang dalam kesukaran, setiap orang yang dikejar-kejar tukang piutang, setiap orang yang sakit hati, maka ia menjadi pemimpin mereka. Bersama-sama dengan dia ada kira-kira empat ratus orang.

1. Daud membangkitkan semangat, iman, loyalitas serta keahlian kepada orang-orang yang dipimpinnya.
Hasilnya orang-orang yang dalam kesukaran, dikejar-kejar tukang piutang dan sakit hati dipulihkan. Mereka memiliki semangat dan iman kepada Tuhan seperti Daud. Mereka menunjukkan loyalitas dan keahlian mereka untuk berperang dan melarang Daud untuk ikut maju. Mereka adalah para pemimpin yang mandiri dan bisa dipercaya.

2. Orang-orang yang dipimpin oleh Daud mengalahkan para raksasa, sama seperti Daud di masa mudanya.
Para pemimpin yang mengalahkan para raksasa adalah Abisai anak Zeruya, Sibkhai orang Husa, Yaare-Oregim orang Betlehem serta Yonatan anak Simea.
Orang-orang yang mengikuti Daud telah dilatih berperang dan terinspirasi oleh kemenangan Daud atas Goliat, sehingga mereka menunjukkan loyalitasnya kepada Daud dan bersemangat mengalahkan para raksasa.


Kisah para pahlawan Daud yang mengalahkan para raksasa membuktikan bahwa pemimpin melahirkan pemimpin tentu menjadi perenungan bagi kita. Kita semua adalah pemimpin dalam keluarga, pekerjaan, studi, pelayanan dan masyarakat serta minimal menjadi pemimpin bagi diri sendiri. Sudahkah kita melahirkan para pemimpin dari orang-orang di sekitar kita? Jadilah inspirasi bagi orang-orang yang kita pimpin sehingga membangkitkan semangat, iman dan loyalitas mereka. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages