Berbahagialah Pemuji Tuhan



Selasa, 21 April 2020

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Taw 7-9

1 Tawarikh 9:33 (TB)  Dan inilah para penyanyi, kepala-kepala puak orang Lewi, yang diam di bilik-bilik dan bebas dari pekerjaan lain, sebab siang dan malam mereka sibuk dengan pekerjaannya.

Dalam masa pemerintahan raja Daud, diangkatnya para penyanyi yang memuji dan menyembah Tuhan sepenuh waktu.
Mereka adalah orang-orang yang dikhususkan untuk melayani di rumah Tuhan sepanjang hari. Mereka tidak melakukan pekerjaan lain selain memuji dan menyembah Tuhan. Akan hal ini Daud percaya akan kuasa pujian dan penyembahan sehingga menjadikan hal ini sebagai pusat penyembahan bangsa Israel.

Daud menyatakan dalam mazmur, bahwa orang-orang yang berdiam di rumah Tuhan serta tiada henti memuji Tuhan adalah orang-orang yang berbahagia.
Mazmur 84:5 (TB) Berbahagialah orang-orang yang diam di rumah-Mu, yang terus-menerus memuji-muji Engkau. Sela

Pada masa kini jarang ada orang yang profesinya sebagai pemuji dan penyembah setiap hari. Fokusnya hanya memuji dan menyembah Tuhan tanpa melakukan pekerjaan yang lain. Apakah berarti kita tidak bisa bahagia jika tidak menjadi penyembah Tuhan sepenuh waktu?

Kita bisa mengalami sukacita dan bahagia sekalipun kita masih menjalankan profesi yang lain.

1. Segenap hidup kita untuk Tuhan.
Kata lain dari menyembah adalah mengabdi dan setiap sikap hidup yang memuliakan Tuhan adalah bentuk pujian yang nyata. Pemuji dan penyembah Tuhan akan selalu mengalami hadirat Tuhan dalam segala aktifitasnya. Hal ini yang memungkinkan hidup kita selalu takut akan Tuhan sebab berada dalam hadirat-Nya.

2. Miliki waktu khusus untuk memuji dan menyembah Tuhan.
Biasakan memulai hari di waktu pagi dengan memuji dan menyembah Tuhan dan mengakhiri di waktu malam dengan ucapan syukur. Kita bisa mengalami sukacita dalam hadirat-Nya bila dengan segenap hati memuji dan menyembah-Nya. Jadikanlah waktu teduh sebagai perjumpaan pribadi dengan Tuhan.

3. Sepanjang hari memuji Tuhan.
Kita bisa memuji dan menyembah Tuhan sepanjang hari di sela-sela aktifitas yang lain. Penyembahan bisa juga kita lakukan dengan berbahasa roh. Saat berbahasa roh dengan pelan kita sedang menyembah Tuhan tanpa ada orang yang tahu. Selain itu di perjalanan, di rumah, di manapun kita berada bisa memuji Tuhan. Kita bersyukur dengan peralatan elektronik, HP dan headset bisa digunakan untuk membantu kita memuji Tuhan. Tetapi lebih daripada itu adalah sikap hati sepanjang hari dalam memuji Tuhan.

Mazmur 71:8 (TB)  Mulutku penuh dengan puji-pujian kepada-Mu, dengan penghormatan kepada-Mu sepanjang hari.

Kebahagiaan dalam memuji dan menyembah Tuhan bukan berarti langsung melenyapkan segala masalah dan pergumulan hidup kita. Yang benar adalah kita menerima kekuatan, sukacita dan damai sejahtera sehingga dimampukan Tuhan menghadapi masalah dan pergumulan dengan sukacita. Hal ini akan membuat kita sungguh-sungguh mengandalkan Tuhan dalam mengarungi kehidupan. Selamat menjadi pemuji dan penyembah Tuhan. Greater Blessing. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages