Dirampas Dan Dikembalikan



Selasa, 14 April 2020

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Raja 7-9

2 Raja-raja 8:6 (TB)  Lalu raja bertanya-tanya, dan perempuan itu menceritakan semuanya kepadanya. Kemudian raja menugaskan seorang pegawai istana menyertai perempuan itu dengan pesan: "Pulangkanlah segala miliknya dan segala hasil ladang itu sejak ia meninggalkan negeri ini sampai sekarang."

Masih ingatkah Anda kepada perempuan Sunem yang menyediakan kamar doa bagi nabi Elisa di rumahnya? Kebaikan yang ia tabur akan terus berbuah. Dalam pertemuan berikutnya dengan nabi Elisa diberitahukan kepadanya akan datangnya kelaparan.
2 Raja-raja 8:1 (TB)  Elisa telah berbicara kepada perempuan yang anaknya dihidupkannya kembali, katanya: "Berkemaslah dan pergilah bersama-sama dengan keluargamu, dan tinggallah di mana saja engkau dapat menetap sebagai pendatang, sebab TUHAN telah mendatangkan kelaparan, yang pasti menimpa negeri ini tujuh tahun lamanya."

Perempuan Sunem pergi ke negeri Filistin dan tujuh tahun kemudian setelah selesai kelaparan di Israel ia kembali. Malanglah keadaannya, semua miliknya di Israel yaitu rumah dan kebunnya telah dirampas oleh orang lain. Ia menghadap raja dan menceritakan semua yang dialami keluarganya. Demikian pula ia bersaksi tentang perjumpaannya dengan nabi Elisa, mujizat Tuhan yang ia alami melalui pelayanan Elisa. Setelah ia mengadukan perkaranya kepada raja, maka raja memerintahkan untuk mengembalikan segala miliknya kepadanya.

Pelajaran yang dapat kita petik dari perempuan Sunem adalah:

1. Percaya kepada Tuhan dan janji-janji-Nya.
Dalam hal ini perempuan Sunem percaya kepada nabi Elisa sebagai penyambung lidah Tuhan. Ia melakukan tepat seperti yang difirmankan Tuhan melalui nabi Elisa. Ia melakukan yang terbaik untuk Tuhan.

2. Melakukan bagiannya.
Ketika segala miliknya dirampas, ia melakukan bagian yang dapat dia lakukan yaitu mengadukan kepada raja. Ketika harta milik yang dipercayakan kepada Anda dirampas oleh orang lain, adalah bagian kita jika kita menempuh usaha yang benar atau jalur hukum yang disediakan. Selebihnya Tuhan yang akan bekerja.

Dulu saya berpikir bahwa ketika kita ditipu atau apa yang ada pada kita dicuri oleh orang lain memang diambil oleh Tuhan. Akhirnya saya sampai pada pemahaman sekalipun hal itu diijinkan Tuhan tetapi maksud Tuhan ingin menguji dan memberkati kita. Ia menguji kita apakah kita terikat kepada harta atau terikat kepada Tuhan. Dan apabila kita tetap taat dan percaya kepada Tuhan, justru Tuhan semakin memberkati kita.

Ibrani 10:34 (TB)  Memang kamu telah turut mengambil bagian dalam penderitaan orang-orang hukuman dan ketika harta kamu dirampas, kamu menerima hal itu dengan sukacita, sebab kamu tahu, bahwa kamu memiliki harta yang lebih baik dan yang lebih menetap sifatnya.


Tetaplah bersukacita ketika Tuhan mengijinkan orang lain menipu atau merampas milik Tuhan yang dipercayakan kepada Anda. Jangan marah tetapi serahkanlah kepada Tuhan, lakukanlah bagian Anda sebagai bentuk tanggung jawab Anda kepada Tuhan. Percayalah, suatu saat Anda akan menerimanya kembali bahkan harta yang lebih baik dan yang lebih menetap sifatnya. Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages