Nubuatan Terhadap Mesir




Kamis, 26 Juli 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 19-21

Yesaya 19:21 (TB)  TUHAN akan menyatakan diri kepada orang Mesir, dan orang Mesir akan mengenal TUHAN pada waktu itu; mereka akan beribadah dengan korban sembelihan dan korban sajian, dan mereka akan bernazar kepada TUHAN serta membayar nazar itu.

Sepanjang sejarah kita mengenal Mesir sebagai sebuah kerajaan yang menentang pengenalan akan Tuhan. Mulai dari perbudakan terhadap bangsa Israel sampai pembunuhan bayi-bayi pada masa kecil Yesus untuk melenyapkan Mesias. Akankah Mesir menjadi bangsa yang selalu menentang Tuhan?

Revolusi serta perubahan arah politik saat ini membuat orang-orang Mesir bertanya tentang masa depan mereka. Jika sebelum revolusi mereka sangat tertutup dan menentang dunia barat, tetapi saat ini baik Mesir maupun negara-negara di Timur Tengah (Arab Spring) mulai terbuka terhadap negara-negara Barat. Akankah ini menjadi pintu masuk Injil terhadap Mesir dan bangsa-bangsa di Timur Tengah?

Janji keselamatan dari TUHAN telah diberikan juga kepada bangsa-bangsa lain, termasuk Mesir. Yesaya 19 merupakan nubuatan terhadap Mesir.

1. Ayat 1 - 15 merupakan hukuman terhadap bangsa Mesir.
Mesir akan mengalami kekalahan dalam perang, terjadi kekeringan, terjadi pengangguran yang tinggi, para pembesar bertindak bodoh dan Tuhan mencurahkan roh kekacauan kepada mereka.

2. Ayat 18 - 25 berbicara tentang keselamatan dan berkat bagi bangsa Mesir.
A. Ada mezbah TUHAN di Mesir (ayat 19)
Mesir akan terbuka terhadap Kekristenan. Orang Kristen dan orang Mesir akan  beribadah kepada TUHAN.
B. Ada keselamatan bagi orang Mesir (ayat 20)
TUHAN akan mengirimkan juruselamat yang akan melepaskan orang Mesir dari kesesakan. Akan tiba waktunya orang Mesir menerima Yesus sebagai TUHAN dan Juru Selamat mereka.
C. TUHAN menyatakan diri kepada orang Mesir (ayat 21)
Jika sebelumnya mereka menyembah raja dan berhala, akan datang waktu di mana mereka akan mengenal TUHAN dan beribadah kepada-Nya.
D. TUHAN menyembuhkan dan mengabulkan doa orang Mesir (ayat 22).
E. Perbatasan di Mesir akan terbuka terhadap bangsa lain (ayat 23).
F. Mesir akan diberkati bersama dengan Israel (ayat 24-25).

Revolusi dan perubahan arah politik yang sedang terjadi di Mesir saat ini merupakan sebuah tanda perubahan rohani di Mesir. Akankah mereka mengalami janji keselamatan seperti yang telah dinubuatkan dalam Yesaya 19.
Marilah kita doakan agar Mesir mengalami lawatan TUHAN sehingga hujan keselamatan dan pertobatan terjadi di Mesir. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages