Ganjaran Orang Benar



Rabu, 11 Juli 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 22-24

Amsal 22:4 (TB)  Ganjaran kerendahan hati dan takut akan TUHAN adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan.

Kenyataan yang seringkali kita jumpai orang fasik kaya raya, sementara orang benar menderita. Alkitab mengingatkan agar kita jangan iri melihat keberhasilan orang fasik karena semuanya akan lenyap dalam waktu sekejab.
Amsal 24:19-20 (TB)  Jangan menjadi marah karena orang yang berbuat jahat, jangan iri kepada orang fasik.
Karena tidak ada masa depan bagi penjahat, pelita orang fasik akan padam.

Dalam setiap tindakan ada ganjaran yang dapat diartikan upah atau hadiah. Orang benar adalah orang yang telah dibenarkan (diselamatkan oleh Tuhan), bukan oleh perbuatannya sendiri. Orang benar akan memiliki kerendahan hati dan takut akan Tuhan.
Dalam KBBI rendah hati diartikan tidak sombong dan tidak angkuh. Menurut Amsal 8:13 (TB)  Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.

Sesungguhnya Tuhan memberikan upah kepada orang yang rendah hati dan takut akan Tuhan.

1. Kekayaan
Mazmur 34:10 (TB)Takutlah akan TUHAN, hai orang-orang-Nya yang kudus, sebab tidak berkekurangan orang yang takut akan Dia!
Tuhan memelihara orang-orang yang takut akan Tuhan. Dalam menghadapi pergumulan, tetaplah bertahan dan berjuang menjadi orang yang rendah hati dan takut akan Tuhan, sebab Ia pasti memberkati orang benar. Jangan menjual iman karena iming-iming kekayaan, kedudukan dari dunia. Sebaliknya percayalah dan peganglah janji Tuhan.

2. Kehormatan
Orang duniawi berpandangan bahwa orang yang rendah hati bukanlah orang yang terhormat. Pandangan mereka adalah salah. Sebab kehormatan bukan dari manusia tetapi dari Tuhan.
Amsal 18:12 (TB)  Tinggi hati mendahului kehancuran, tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan.
Tetaplah bersikap rendah hati dan takut akan Tuhan sekalipun manusia tidak menghormati Anda. Percayalah akan tiba waktunya, Tuhan akan meninggikan Anda dan memberi kehormatan lebih daripada yang manusia dapat berikan.

3. Kehidupan
Orang dunia berpandangan bahwa kehidupan berlangsung saat di dunia. Pandangan ini adalah salah. Kehidupan terdiri dari dua masa yaitu saat hidup di dunia dan saat sesudah meninggal. Bagi orang yang percaya kepada Tuhan Yesus akan menerima kehidupan kekal bersama Bapa di Sorga. Sedangkan orang yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus akan mengalami kematian yang kekal di neraka.
Yohanes 14:6 (TB)  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Tuhan menjadikan segala sesuatu indah pada waktunya. Tetaplah setia menjadi pribadi yang rendah hati dan takut akan Tuhan, sebab Ia akan memberikan kekayaan, kehormatan dan kehidupan pada waktu-Nya. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages