Dampak Pergaulan



Minggu, 8 Juli 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 13-15

Amsal 13:20 (TB)  Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.

Seseorang berkata, "Tunjukkanlah lima orang temanmu, saya akan menunjukkan masa depanmu." Ya ... benar, masa depan kita dipengaruhi oleh orang-orang di sekitar kita. Tidak sedikit orang tua yang terkejut karena anaknya berubah menjadi nakal bila di luar rumah, prestasi belajarnya menurun, semua terjadi karena pengaruh teman-temannya.

1. Pergaulan yang baik memberi dampak yang baik.
Bila Anda bergaul dengan teman-teman yang pandai, Anda akan menjadi pandai karena mengikuti kebiasaan dan kerajinan mereka.
Bila Anda bergaul dengan orang-orang yang sukses, Anda akan menjadi sukses karena mengikuti hikmat dan kegigihan mereka dalam mencapai sukses.
Bila Anda bergaul dengan teman-teman yang rohani, Anda akan menjadi lebih rohani karena mengikuti kebiasaan mereka yang takut akan Tuhan.
Intinya bila kita hidup di lingkungan yang terang, maka akan mengusir segala kegelapan hidup kita sehingga kita semakin terang.

2. Pergaulan yang buruk memberi dampak yang buruk.
1 Korintus 15:33 (TB)  Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.
Semua kebiasaan buruk lahir dari pergaulan yang buruk. Mencontek, perkelahian pelajar, narkoba, seks bebas, pornografi, merokok, membolos, berkata-kata kotor ditularkan melalui teman-teman yang memiliki kebiasaan buruk.
Seberapa kuat iman Anda, tetapi bila Anda bergaul dengan lingkungan yang buruk, akan membuat roh Anda menderita dan lambat laun akan melemahkan iman Anda. Oleh sebab itu jangan mempertaruhkan iman Anda dengan membiarkan diri bergaul dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan buruk.

Bangunlah pergaulan yang baik bersama dengan teman-teman di gereja dan di luar gereja yang memiliki kebiasaan yang baik. Jangan merasa sungkan, hindarilah mereka yang memiliki pergaulan yang buruk. Jangan takut kehilangan teman, rajawali akan bergaul dengan rajawali, Anda akan berada di lingkungan dengan kualitas rohani yang tinggi. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages