Berkat Dalam Keseimbangan



Sabtu, 7 Juli 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 10-12

Amsal 10:22 (TB)  Berkat TUHANlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.

Salah satu kunci hidup bahagia adalah keseimbangan. Seimbang antara jasmani dan rohani, seimbang dalam pola makan dan seimbang antara bekerja dan beristirahat. Prinsip seimbang diwujudkan dalam "ora et labora" yaitu berdoa dan bekerja. Orang yang tidak seimbang akan bekerja keras, membanting tulang tetapi tidak berdoa. Demikian juga orang yang berdoa terus tetapi tidak mau berusaha atau malas, juga tidak seimbang. Sedangkan firman Tuhan memberikan peringatan agar jangan malas.
2 Tesalonika 3:10 (TB)  Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.

Merenungkan Amsal 10:22, bila tanpa hikmat akan membuat kita menjadi tidak seimbang. Ada yang berkata tidak perlu susah payah dan kerja keras atau kerja biasa saja karena Tuhan pasti memberkati. Sebenarnya yang dimaksudkan tidaklah demikian. Ayat tersebut mengajarkan 2 hal, yaitu:

1. Tuhan memelihara anak-anak-Nya.
Sebuah iman yang harus dibangun agar kita tetap percaya kepada pemeliharaan dan pertolongan Tuhan.
Mazmur 127:2 (TB)  Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah — sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur.
Matius 6:26 (TB)  Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?
Jangan kuatir akan kebutuhan kita, sebab Tuhan memelihara kita melebihi burung-burung di udara.

2. Jangan mengandalkan diri sendiri.
Kata susah payah tidak menambahinya lebih menunjuk kepada hasil yang kita peroleh dengan kekuatan kita tidak ada artinya bila dibanding dengan berkat Tuhan. Oleh sebab itu jangan mengandalkan kekuatan sendiri. Memang kita harus bekerja dengan rajin, tetapi jangan melupakan Tuhan yang menjadi sumber berkat. Ada yang ketika susah setiap hari berdoa dan berpuasa. Ketika sudah diberkati menjadi lupa berdoa dan beribadah. Tuhan tidak menghendaki hal yang demikian. Jika Tuhan mengambil pagar perlindungan kesehatan Anda, apakah Anda tetap dapat bekerja? Mengejar kekayaan tidak akan ada habisnya, tetapi semua tidak akan kita bawa sesudah kematian.
Yeremia 17:7 (TB)  Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!

Temukan Tuhan sebagai sumber berkat Anda. Jangan hanya mencari berkat tetapi melupakan Tuhan. Ketika kita bekerja, ingatlah dua hal bahwa Tuhan memberkati Anda dan tetaplah mengandalkan Tuhan, jangan mengandalkan kekuatan sendiri. Tuhan memberkati Anda. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages