Jadilah Pribadi Yang Setia



Selasa, 10 Juli 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 19-21

Amsal 20:6 (TB)  Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya?

Dalam merekrut karyawan, perusahaan yang bonafit selalu melakukan tes kepribadian dan wawancara selain tes kemampuan dan kesehatan. Dalam tes kepribadian dan wawancara akan didapati salah satu karakter yang diinginkan perusahaan yaitu kesetiaan. Sekalipun memiliki kepandaian dan kemampuan tetapi kalau tidak memiliki kesetiaan, besar kemungkinan seseorang tidak akan diterima menjadi karyawan. Demikian pula saat ini, beberapa perusahaan mensyaratkan agar para pelamar kerja diwajibkan mencantumkan akun media sosial mereka. Dari akun tersebut dapat dilihat apakah mereka orang yang setia atau emosional, mengupload status yang optimis atau pesimis. Orang-orang yang mengupload status emosional atau pesimis sudah tentu tidak akan diterima.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, setia berarti berpegang teguh, taat dan patuh pada janji, peraturan dan sebagainya. Menurut Kamus Alkitab, setia adalah bagian dari karakter Allah. Orang yang setia memiliki sifat dan karakter Allah.
Dalam dunia yang semakin modern ini, semakin langka menemukan orang setia. Banyak orang berani menyebut dirinya seorang yang baik, tetapi sangat jarang yang berani menyebut dirinya sebagai orang yang setia.

1. Setia adalah sifat yang diinginkan pada seseorang.
Amsal 19:22 (TB)  Sifat yang diinginkan pada seseorang ialah kesetiaannya; lebih baik orang miskin dari pada seorang pembohong.
Tuhan menginginkan jemaat atau pelayan Tuhan yang setia. Suami/istri menginginkan pasangan hidup yang setia. Orang tua menginginkan anak-anak yang setia. Sekolah menginginkan murid yang setia. Pimpinan dalam pekerjaan menginginkan karyawan yang setia. Pemerintah/negara menginginkan warga negara/rakyat yang setia. Dan seterusnya.
Sulit untuk mencari orang yang setia. Maukah Anda menjadi orang yang setia? Bila Anda mau belajar dan bertindak menjadi orang setia, Anda akan memiliki karakter unggul yang sulit didapatkan pada semua orang.

2. Kesetiaan adalah buah Roh.
Galatia 5:22-23 (TB)  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
Secara daging manusia sulit untuk menjadi orang yang setia karena di dalam dirinya ada keinginan dosa yang berjuang melawan keinginan Roh. Tetapi bila kita dipimpin dan penuh oleh Roh Kudus, maka kita akan menghasilkan buah Roh, salah satunya adalah kesetiaan. Semakin kita takut akan Tuhan dan hidup sesuai firman-Nya, semakin teruji kesetiaan kita.
Jadi akan mudah menemukan orang-orang yang setia, yaitu pada mereka yang takut akan Tuhan dan hidup melakukan firman-Nya.

Milikilah karakter unggul yang diinginkan Tuhan dan manusia yaitu kesetiaan. Jadilah pribadi yang setia. Hiduplah dalam tuntunan Roh Kudus yang akan memampukan Anda menjadi orang yang setia di mata Tuhan dan manusia. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages