Gunakan Kesempatan Untuk Berkarya




Senin, 16 Juli 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Pengkotbah 7-9

Pengkhotbah 9:10 (TB)  Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.

Atlet muda Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, meraih medali emas nomor bergengsi lari 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletlik U-20 (di bawah usia 20 tahun) di Finlandia, Rabu (11/07). Dalam nomor lari 100 meter, Zohri mengalahkan dua pelari asal Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison, dengan mencatatkan waktu 10,18 detik. Adapun kedua pesaingnya itu mencatat waktu 10,22 detik. Prestasi tersebut sungguh membanggakan dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Apa yang dilakukan Muhammad Zohri merupakan teladan orang-orang yang berprestasi karena menggunakan kesempatan di masa mudanya dengan sekuat tenaga.

1. Berkarya dengan sekuat tenaga.
Usia muda adalah usia produktif untuk berkarya. Stamina dan kekuatan fisik merupakan modal yang kuat untuk meraih cita-cita. Belajar dari kesuksesan Muhammad Zohri, keterbatasan fasilitas dan ekonomi tidak dapat menghalangi untuk sukses. Ia berjuang dengan sekuat tenaga, setiap hari ia berlari untuk menjadi yang tercepat sekalipun tanpa alas kaki dan asupan nutrisi yang bergizi.
Demikian pula sebagai orang yang dikaruniai usia yang tidak lagi muda, janganlah lemah semangatmu. Anda masih bisa berkarya sekuat tenaga mewujudkan setiap impianmu. Kaleb masih berperang di usia 85 tahun dan kekuatannya masih sama dengan usia 40 tahun.

2. Kesempatan berkarya hanya datang sewaktu kita hidup.
Di satu sisi kita bersedih melihat anak-anak muda bermalas-malasan, menghabiskan waktu untuk "dugem" dan melakukan hal-hal yang sia-sia. Kesuksesan Anda dibangun mulai hari ini. Jika Anda adalah pelajar, belajarlah dengan rajin dan jujur. Milikilah impian dan raihlah prestasimu sekuat tenaga. Jika Anda seorang karyawan atau wirausaha, bekerjalah dengan rajin dan kreatif. Wujudkanlah kesuksesan karirmu dan tingkat tertinggi dalam bisnismu.
Kesempatan hanya datang selagi kita hidup, tak ada satu pun dapat kita kerjakan sesudah mati.

3. Nama yang harum dibangun saat kita hidup, selalu dikenang sesudah mati.
Benarlah kata peribahasa, "Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama." Apakah yang akan kita wariskan kepada anak cucu kita? Warisan berupa harta kekayaan mungkin terbatas. Tetapi Anda bisa meninggalkan warisan yang tetap dikenang yaitu teladan selama Anda hidup, etos kerja, kejujuran dan karakter serta perjuangan sekuat tenaga untuk meraih impian Anda. Kelak semua orang yang hadir di pemakaman Anda akan mengenang jasa-jasa Anda dan anak cucu Anda merasa sangat beruntung hidup di dunia karena perjuangan Anda.

Jadi, apakah yang harus kita buat? Gunakanlah kesempatan saat ini untuk berkarya, baik dalam studi, pekerjaan maupun pelayanan. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages