Hikmat dan Pengertian




Jumat, 6 Juli 2018

Bacaan: Amsal 7-9

Amsal 9:10 (TB)  Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.

Ada ilustrasi seorang yang sangat miskin, berdoa agar ia menjadi seorang yang kaya raya. Akhirnya doanya dikabulkan dan dikaruniai tangan yang ajaib, segala sesuatu yang disentuhnya berubah menjadi emas sehingga ia menjadi orang yang paling kaya. Ia mendirikan istana yang semuanya berasal dari emas. Namun ia tidak dapat mengendalikan dirinya, sampai suatu saat ia menyentuh istri dan anak-anaknya dan semuanya berubah menjadi emas. Ia kehilangan keluarganya dan kehilangan kebahagiaan sekalipun bergelimang dengan harta. Ini adalah gambaran seorang yang tidak memiliki hikmat dan pengertian akhirnya tidak bahagia.

Salomo ketika berdoa, tidak meminta kekuasaan dan kekayaan, tetapi meminta hikmat. Tuhan mengabulkan doanya dan diberikan kepadanya hikmat yang melebihi semua orang di bumi. Karena hikmatnya, ia mendapatkan banyak kekayaan. Raja-raja di seluruh dunia datang kepadanya dan memberikan persembahan emas, perak dan permata.
Amsal 8:11 (TB)  Karena hikmat lebih berharga dari pada permata, apa pun yang diinginkan orang, tidak dapat menyamainya.
Hikmat jauh lebih berharga dari harta apapun juga. Orang yang berhikmat akan hidup berbahagia.

Lalu apakah hikmat dan pengertian? Salomo menulis bahwa permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan, artinya taat dan hormat kepada Tuhan. Dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian. Jadi hikmat dan pengertian akan didapatkan bila takut akan Tuhan dan bergaul karib dengan Tuhan.
Mazmur 25:14 (TB)  TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.

Di dunia ini ada banyak hal yang tidak dapat diselesaikan dengan kekayaan, tetapi solusinya ada pada hikmat dan pengertian. Bila kita takut akan Tuhan dan bergaul karib dengan Tuhan, kita akan menemukan rahasia ilahi berupa janji-janji dan jalan-jalan Tuhan yang ajaib. Tuhan akan membawa kita mengalami janji-janji-Nya sehingga kita dapat hidup berbahagia tanpa dikuasai oleh harta. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages