Transformasi Diri




Kamis, 22 Maret 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 10-12

1 Samuel 10:6 (TB)  Maka Roh TUHAN akan berkuasa atasmu; engkau akan kepenuhan bersama-sama dengan mereka dan berubah menjadi manusia lain.

Membaca ayat tersebut saya teringat tokoh film spiderman. Dalam keseharian prnampilannya seperti manusia biasa tetapi ketika ada bahaya musuh ia segera berubah menjadi manusia super.

Manusia super bisa terjadi dalam arti rohani, yaitu apabila kehidupan kita dikuasai dan dipenuhi oleh Roh Kudus dan hidup dalam pimpinan-Nya.

1. Kepenuhan Roh Kudus untuk semua orang percaya, bukan hanya para nabi.
Di akhir zaman Tuhan akan mencurahkan Roh-Nya ke atas semua manusia.
Kisah Para Rasul 2:17 (TB)  Akan terjadi pada hari-hari terakhir — demikianlah firman Allah — bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi.
Jangan batasi diri dengan berkata bahwa kepenuhan dan karunia Roh Kudus hanya untuk para nabi dan orang-orang yang memiliki karunia rohani. Tuhan bisa memakai Anda sebagai nabi Tuhan di akhir zaman, bila Anda hidup dipenuhi dan dikuasai Roh Kudus.

2. Berubah menjadi manusia lain.
Menarik untuk melihat arti manusia lain melalui beberapa terjemahan.

A. Perasaan dan perbuatan tidak seperti yang sebelumnya (manusia lama).
1 Samuel 10:6 (FAYH)  "Pada waktu itu Roh TUHAN akan datang ke atasmu dengan penuh kuasa, dan engkau akan bernubuat bersama-sama dengan mereka dan engkau akan berubah sehingga perasaan serta perbuatanmu sama sekali berbeda.

B. Diberi sifat yang baru.
1 Samuel 10:6 (BIMK)  Pada saat itu juga engkau akan dikuasai oleh Roh TUHAN dan engkau akan mengikuti tari-tarian dan teriakan mereka itu, lalu engkau diberi sifat baru sehingga menjadi manusia lain.

Ketika seseorang dipenuhi dan dikuasai oleh Roh Kudus akan menerima meninggalkan kehidupan lama yang penuh dosa serta menerima sifat-sifat yang baru dari Tuhan.
Galatia 5:16 (TB)  Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

Di zaman akhir ini betapa pentingnya hidup kita dipenuhi dan dikuasai Roh Kudus supaya kita tidak mengikuti keinginan daging. Iblis meningkatkan intensitasnya melalui pencobaan untuk menjatuhkan orang percaya melalui keinginan daging. Tetapi orang percaya yang dipimpin oleh Roh Kudus akan hidup oleh Roh dan tidak akan menuruti keinginan daging. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages