Perjuangkan Warisan Untuk Keturunan Anda



Kamis, 8 Maret 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 16-18

Yosua 17:6 (TB)  sebab anak-anak perempuan Manasye telah menerima milik pusaka di tengah-tengah anak-anaknya lelaki, sedang tanah Gilead ditentukan bagi anak-anak lelaki Manasye yang lain.

Tak dapat dipungkiri bahwa dalam Perjanjian Lama menganut jalur patrilineal (laki-laki) dalam pembagian milik pusaka tanah di Kanaan.
Mazmur 127:3 (TB)  Sesungguhnya, anak-anak lelaki adalah milik pusaka dari pada TUHAN, dan buah kandungan adalah suatu upah.
Namun ada kisah yang patut disimak ketika anak-anak perempuan  Manasye juga menerima milik pusaka (warisan) di antara anak-anak lelaki.

Perhatikan Yosua 17:1-2, anak-anak lelaki Manasye mendapatkan Tanah Gilead dan Basan. Mereka adalah:
1. Bani Abiezer
2. Bani Helek
3. Bani Asried
4. Bani Sekhem
5. Bani Hefer
6. Bani Semida.

Bani Hefer seharusnya sudah cukup mendapatkan satu bagian saja seperti saudaranya yang lain. Dan apabila ia mati, warisannya akan jatuh kepada anak-anaknya Zelafedad bin Hefer, dan apabila Zelafedad bin Hefer mati akan jatuh kepada lima anaknya perempuan.
Bilangan 27:8 (TB)  Dan kepada orang Israel engkau harus berkata: Apabila seseorang mati dengan tidak mempunyai anak laki-laki, maka haruslah kamu memindahkan hak atas milik pusakanya kepada anaknya yang perempuan.

Tetapi yang menarik adalah bahwa Zelafedad bin Hefer memperjuangkan juga warisan untuk lima orang anak-anaknya yang adalah perempuan, yaitu Mahla, Noa, Hogla, Milka dan Tirza supaya mendapat warisan yang sama dengan saudara-saudara ayahnya.
Yosua 17:5 (TB)  Demikianlah kepada suku Manasye jatuh sepuluh bidang tanah, selain dari tanah Gilead dan Basan yang di seberang Yordan.

Sehingga pada akhirnya yang mendapatkan milik pusaka ada 10 yaitu:
1. Bani Abiezer
2. Bani Helek
3. Bani Asried
4. Bani Sekhem
5. Bani Semida
6. Mahla
7. Noa
8. Hogla
9. Milka
10. Tirza
Nomor 6 sampai 10 adalah anak-anak perempuan Zelafedad bin Hefer atau cucu-cucu Hefer.

Jadi apa yang bisa kita pelajari:

1. Kesetaraan gender (kesamaan derajad) antara laki-laki dan perempuan harus diperjuangkan.
Anak-anak Zelafedad bin Hefer tidaklah mungkin mendapatkan 5 bagian untuk 5 anak perempuan bila Hefer dan anak-anaknya tidak menghadap imam Eleazar, Yosua bin Nun dan para pemimpin. (Yosua 17:4)
Sebenarnya perjuangan mereka bisa dikatakan tidak mungkin. Yang mungkin adalah Zelafedad bin Hefer mendapat 1 warisan dari orang tuanya untuk dibagi lagi kepada 5 orang anaknya perempuan. Lagi pula juga mustahil untuk meminta warisan bagi anak-anaknya yang adalah cucu-cucu (bukan anak) Hefer. Tetapi apabila berjuang, tiada yang mustahil akhirnya setiap anaknya perempuan mendapat satu bagian.

2. Perjuangkan yang terbaik untuk anak-anak Anda.
Berikanlah yang terbaik untuk pertumbuhan anak-anak Anda: kasih, nutrisi, kehidupan rohani serta pendidikan terbaik bagi anak-anak Anda. Usahakanlah bisa meninggalkan warisan yang terbaik untuk anak-anak Anda. Bila Anda merasa tidak mampu memberikan berupa harta, berikanlah ilmu. Didiklah anak Anda takut akan Tuhan dan bimbinglah agar mencapai potensi terbaik dalam hidupnya.

Marilah kita belajar dari firman Tuhan hari ini perjuangkan anak-anak Anda menerima berkat yang terbaik dari Tuhan. Haleluya. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages