Setiap Hari Bersama Tuhan




Minggu, 4 Maret 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 4-6

Yosua 6:3-4 (TB)  Haruslah kamu mengelilingi kota itu, yakni semua prajurit harus mengedari kota itu sekali saja; demikianlah harus engkau perbuat enam hari lamanya,
dan tujuh orang imam harus membawa tujuh sangkakala tanduk domba di depan tabut. Tetapi pada hari yang ketujuh, tujuh kali kamu harus mengelilingi kota itu sedang para imam meniup sangkakala.

Kisah jatuhnya tembok Yerikho tanpa peperangan selalu menjadi kisah yang menarik untuk diungkap. Bangsa Israel harus mengelilingi tembok Yerikho dengan ketaatan kepada perintah Tuhan sehingga tembok itu roboh dan mereka mengalami kemenangan.
Hal yang akan kita dipelajari pada hari ini adalah setiap hari bersama Tuhan. Disebutkan dalam ayat tersebut "enam hari lamanya" dan "pada hari yang ketujuh". Kita akan terhubung dengan ayat ...
Keluaran 20:11 (TB)  Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

Pelajaran yang kita dapatkan:
1. Enam hari memulai hari dengan saat teduh dilanjutkan dengan bekerja.
Ya ... hari Senin sampai Sabtu adalah waktu bekerja secara umum. Pagi hari kita awali dengan saat teduh yaitu berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan. Sesudah itu kita bekerja sesuai dengan panggilan yang Tuhan percayakan. Malam hari sebelum kita istirahat, kita berdoa lagi untuk mengucap syukur atas penyertaan Tuhan sepanjang hari.

2. Hari ketujuh adalah hari Sabat
Meskipun bagi orang Israel hari Sabat jatuh pada hari Sabtu sore sampai Minggu pagi, namun secara umum orang percaya beribadah pada hari Minggu.
Apa yang harus kita lakukan di hari Minggu?
- Tetap awali hari Minggu dengan saat teduh: berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan.
- Isilah lebih banyak hari Minggu dengan ibadah, datang dalam ibadah gereja, memuji dan memuliakan Tuhan, bersorak-sorai atas kemenangan yang Tuhan berikan, mendengarkan pesan Tuhan untuk jemaat serta melayani Tuhan.
- Hari Minggu harus lebih fokus untuk Tuhan. Sabat di Israel tidak boleh melakukan pekerjaan, bahkan tidak boleh menyalakan pelita. Tujuannya agar bisa memberikan waktu lebih banyak untuk Tuhan.

Jadi pertanyaan yang kita renungkan:
1. Apakah hari Senin sampai Sabtu kita melakukan saat teduh secara teratur?
2. Apakah hari Minggu kita melakukan saat teduh dan dengan setia beribadah di gereja dan melayani Tuhan.
Berbahagialah setiap orang yang telah melakukannya, sebab bukan hanya untuk hidup di dunia melainkan untuk hidup kekal. Selamat hari Minggu dan Selamat Beribadah. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages