Manfaat Merenungkan Firman Tuhan




Sabtu, 3 Maret 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 1-3

Yosua 1:8 (TB)  Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Manfaat membaca dan merenungkan firman Tuhan adalah yang pertama-tama untuk diri sendiri. Jika ada yang terpaksa atau masih ogah-ogahan membaca dan merenungkan firman Tuhan, baiklah simak baik-baik ayat tersebut.

Berdasarkan Yosua 1:8 manfaat membaca dan merenungkan firman Tuhan adalah:

1. Mendatangkan Hikmat
Dikatakan bahwa "supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan yang tertulis di dalamnya". Firman Tuhan adalah petunjuk dan terang yang menerangi hidup kita. Seperti dalam perjalanan rambu lalu lintas memberi kita peringatan, demikian pula firman Tuhan. Kita akan memiliki hikmat dan kewaspadaan dalam bertindak dan mengambil keputusan.
Mazmur 119:105 (TB)  Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

2. Membuat Perjalanan Hidup Berhasil
Saat ini banyak orang menggunakan Google Maps dalam mencari lokasi atau perjalanan. Firman Tuhan dapat diumpamakan seperti peta, bila Anda mengikuti firman Tuhan, dijamin tidak akan tersesat. Sebab firman Tuhan berbicara untuk kehidupan sekarang maupun kehidupan yang akan datang.
Membaca dan merenungkan firman Tuhan adalah salah satu ibadah yang harus kita lakukan.
1 Timotius 4:8 (TB)  Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

3. Mendatangkan Keuntungan
Setiap orang pasti menginginkan keuntungan dan kesuksesan.
1 Timotius 6:6 (TB)  Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.
Pertumbuhan hidup kita baik secara rohani maupun materi tergantung kepada firman Tuhan. Kita harus cukup untuk mendengar firman Tuhan setiap hari sebagaimana kita makan asupan yang cukup untuk jasmani kita.
Matius 4:4 (TB)  Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."

Melalui renungan hari ini biarlah kita terus semangat untuk membaca dan merenungkan firman Tuhan setiap hari. Jadikanlah sebagai kesukaan dalam membaca dan merenungkan firman Tuhan. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

1 komentar:

Pages