Eben-Haezer




Rabu, 21 Maret 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 7-9

1 Samuel 7:12 (TB)  Kemudian Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana; ia menamainya Eben-Haezer, katanya: "Sampai di sini TUHAN menolong kita."

Eben-Haezer (bahasa Ibrani: אבן העזר, Even Ha'Ezer, artinya batu pertolongan; bahasa Inggris: Eben-Ezer atau Ebenezer) adalahnama tempat kuno di Israel yang dicatat dalam Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama dalam Alkitab Kristen, khususnya dalam Kitab 1 Samuel.

Eben Haezer adalah batu peringatan (mezbah) yang dibangun untuk selalu mengingat akan setiap pertolongan Tuhan. Apakah artinya?

1. Selalu mengucap syukur untuk setiap pertolongan Tuhan.
Mezbah pertama-tama yang harus dipersembahkan adalah ucapan syukur. Dengan pengucapan syukur kita menyadari bahwa semua yang kita capai terjadi semata-mata karena pertolongan Tuhan, bukan oleh kekuatan kita.
2 Korintus 2:14 (TB)  Tetapi syukur bagi Allah, yang dalam Kristus selalu membawa kami di jalan kemenangan-Nya. Dengan perantaraan kami Ia menyebarkan keharuman pengenalan akan Dia di mana-mana.

2. Selalu mengingat akan kebaikan Tuhan.
Kita selalu mengingat seseorang yang paling dekat atau intim dengan kita, baik itu keluarga maupun sahabat-sahabat kita. Dengan mengingat segala kebaikan Tuhan, akan membuat kita selalu dekat dengan-Nya.
Mazmur 103:2-5 (TB)  Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!
Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu,
Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat,
Dia yang memuaskan hasratmu dengan kebaikan, sehingga masa mudamu menjadi baru seperti pada burung rajawali.

Daud menulis puisi atau lagu yang mengingat akan kebaikan Tuhan. Jangan lupakan setiap kebaikan Tuhan dalam hidup Anda. Semakin Anda mengingat kebaikan Tuhan, iman Anda semakin dikuatkan bahkan ketika melewati situasi yang sulit.

3. Selalu memberi persembahan.
Setiap persembahan khusus yang kita berikan kepada Tuhan berbicara sesuatu, yaitu bahwa semua terjadi karena anugrah Tuhan. Adalah baik bila kita memberikan persembahan setelah naik kelas atau lulus, mendapat pekerjaan baru, membuka bisnis baru, mendapat penghargaan, naik jabatan, naik gaji, mendapatkan motor atau mobil baru, menempati rumah baru, saat ulang tahun maupun ulang tahun pernikahan, saat kelahiran anak, saat menikah, saat disembuhkan, saat dibaptis dan sebagainya. Dan merupakan persembahan khusus yang berbeda dari persembahan rutin.

4. Selalu mengenang (mengabadikan).
Ketika seseorang sedang berwisata, tidak lupa mengabadikan dalam sebuah foto maupun selfie, apalagi bila berada di tempat yang indah dan terkenal. Foto ini sebagai bukti bahwa kita pernah berada di tempat itu. Kemudian diunggah di media sosial. Ada baiknya kita mengabadikan setiap peristiwa dalam hidup kita, supaya menguatkan kesaksian kita bahwa kita sungguh-sungguh mengalami pertolongan Tuhan.

Kita selalu mengalami Eben Haezer dalam kehidupan kita, yaitu setiap titik di mana kita mengalami pertolongan Tuhan. Oleh sebab itu marilah kita selalu mengucap syukur, selalu mengingat kebaikan Tuhan, selalu memberi persembahan, selalu mengabadikan setiap momen agar fokus hidup kita selalu kepada Tuhan, bukan kepada berkat atau kesuksesan. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages