Perjanjian Daud dan Yonatan serta Relevansinya



Minggu, 25 Maret 2018

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 19-21

1 Samuel 20:17 (TB)  Dan Yonatan menyuruh Daud sekali lagi bersumpah demi kasihnya kepadanya, sebab ia mengasihi Daud seperti dirinya sendiri.

Persahabatan antara Daud dan Yonatan disertai dengan ikatan perjanjian di hadapan Tuhan. Ikatan perjanjian itu mengakibatkan Yonatan melindungi Daud dari setiap rencana Saul membunuh Daud. Demikian pula keturunan Yonatan tetap terlindungi saat Daud menjadi raja. Dengan demikian ikatan perjanjian selalu merupakan hubungan timbal balik.

Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga ikatan perjanjian?

1. Mengatakan yang baik, jauhi yang buruk.

1 Samuel 19:4 (TB)  Lalu Yonatan mengatakan yang baik tentang Daud kepada Saul, ayahnya, katanya: "Janganlah raja berbuat dosa terhadap Daud, hambanya, sebab ia tidak berbuat dosa terhadapmu; bukankah apa yang diperbuatnya sangat baik bagimu!

Jauhi perkataan yang buruk dan gosip tentang gereja atau anggota jemaat sebab hal itu akan menimbulkan perpecahan dan hubungan yang tidak baik. Perkataan yang baik akan membangun dan memberi semangat.

2. Siap membantu

1 Samuel 20:4 (TB)  Yonatan berkata kepada Daud: "Apa pun kehendak hatimu, aku akan melakukannya bagimu."

Tanda ikatan perjanjian bekerja di dalam gereja apabila setiap jemaat saling membantu satu dengan yang lain. Gereja memberikan perlindungan rohani dan penggembalaan kepada jemaat sementara jemaat memberikan dukungannya kepada gereja baik tenaga, talenta, doa maupun keuangan.

3. Saling memgasihi

1 Samuel 20:17 (TB)  Dan Yonatan menyuruh Daud sekali lagi bersumpah demi kasihnya kepadanya, sebab ia mengasihi Daud seperti dirinya sendiri.

Setiap anggota jemaat harus saling mengasihi bahkan seperti mengasihi dirinya sendiri. Jika hukum kasih mengajak kita untuk mengasihi sesama, terlebih di antara saudara seiman. Marilah kita saling mengasihi dan saling membangun. Kasih yang terwujud akan membuat gereja semakin kuat dan bertumbuh.

Ikatan perjanjian antara suami dan isteri, gereja dan jemaat seharusnya juga merupakan hubungan timbal balik. Marilah selalu memgatakan yang baik, siap membantu dan saling mengasihi. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

1 komentar:

Pages