Mentor Orang Bermasalah




Senin, 26 Maret 2018

Bacaan: 1 Samuel 22-24

1 Samuel 22:2 (TB)  Berhimpunlah juga kepadanya setiap orang yang dalam kesukaran, setiap orang yang dikejar-kejar tukang piutang, setiap orang yang sakit hati, maka ia menjadi pemimpin mereka. Bersama-sama dengan dia ada kira-kira empat ratus orang.

Dalam pelarian karena dikejar-kejar Saul untuk dibunuh, Daud bersembunyi di Gua Adulam. Di situ berhimpunlah kepada Daud orang-orang yang bermasalah dan Daud menjadi pemimpin mereka.

Pelajaran hari ini:

1. Dari sisi Daud - bersedia melayani orang yang bermasalah.
Walaupun Daud sendiri dalam masalah yang besar, namun ia tetap memiliki kerelaan untuk melayani orang-orang yang:
- dalam kesukaran
- dikejar-kejar tukang piutang
- yang sakit hati.
Daud bisa membimbing dan menguatkan mereka yang sedang bermasalah. Daud bisa menjadi berkat dengan membagikan pengalaman hidupnya bersama Tuhan.

2. Dari sisi orang yang bermasalah - harus mau dibimbing oleh orang yang benar supaya bisa keluar dari masalah.
Daud sangat dekat dengan Tuhan, orang-orang yang bermasalah dibawa kepada persekutuan dengan Tuhan sehingga mereka mulai menerima pemulihan. Pada akhirnya orang-orang yang bersama-sama Daud inilah yang menjadi orang-orang kepercayaan Daud, yaitu para pahlawan Daud (2 Sam 23:8-39). Bersama Daud, mereka bagaikan menempuh sekolah kehidupan, setelah mereka lulus mereka menjadi orang-orang yang luar biasa.

Dalam keadaan apapun kita harus rela melayani orang-orang yang datang kepada kita sekalipun kita juga memiliki banyak masalah. Bagi orang-orang yang bermasalah segeralah datang kepada orang-orang yang bisa membimbing Anda dan mengajarkan kepada Anda keluar dari masalah. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages