Lari Dari Tanggung Jawab



Selasa, 2 Januari 2017

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 4 - 6

Kejadian 4:9 (TB) Firman TUHAN kepada Kain: "Di mana Habel, adikmu itu?" Jawabnya: "Aku tidak tahu! Apakah aku penjaga adikku?"

Seorang anak kecil kedapatan melakukan suatu kesalahan di mata orang tuanya. Ia sangat ketakutan. Ketika orang tuanya bertanya, ia berbohong dan tidak mau mengakui perbuatannya. Apakah orang tua mengajarkan anak untuk berbohong dan lari dari tanggung jawab? Mengapa si anak bisa berbohong? Ya ... ini adalah dampak dari dosa warisan yang mengalir dari darah dan daging. Karena dosa bersifat menurun maka manusia menerima sifat-sifat dosa dari nenek moyangnya.

1. Ketika Tuhan mengetahui bahwa Kain telah membunuh Habel, maka Tuhan bertanya kepada Kain di manakah adiknya. Tetapi Kain lari dari tanggung jawab. Jawabnya: "Aku tidak tahu! Apakah aku penjaga adikku?"

2. Ketika Tuhan mengetahui manusia telah jatuh dalam dosa, maka Tuhan bertanya kepada Adam. Adam menyalahkan istrinya karena memberi buah yang dilarang, padahal ia yang lebih dahulu memakannya. (Kejadian 3:12)

3. Ketika Tuhan bertanya kepada Hawa, maka Hawa menyalahkan ular yang telah memperdayanya. (Kejadian 3:13)

Salah satu dampak dari dosa adalah lari dari tanggung jawab, tidak mau mengakui kesalahannya. Kain mewarisi dosa Adam dan Hawa. Bila kita mau menjadi pribadi yang berkenan di hadapan Tuhan, jadilah pribadi yang bertanggung jawab. Jikalau melakukan kesalahan dan dosa, akuilah dan bertobatlah, maka Tuhan akan mengampuni dan memulihkan hidup Anda. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages