Wajah Kemuliaan



Minggu, 28 Januari 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 34-36

Keluaran 34:29 (TB)  Ketika Musa turun dari gunung Sinai — kedua loh hukum Allah ada di tangan Musa ketika ia turun dari gunung itu — tidaklah ia tahu, bahwa kulit mukanya bercahaya oleh karena ia telah berbicara dengan TUHAN.

Hampir semua orang ingin awet muda dan tampil menawan. Oleh sebab itu pusat perawatan kecantikan berkembang pesat. Bukan hanya orang tua tetapi para remaja sudah menjadi pelanggan dari klinik kecantikan. Dan harga perawatan seringkali tidak dibilang murah. Namun semua ini dilakukan demi tampil cantik, menawan dan awet muda.

Hari ini kita belajar resep awet muda menurut Firman Tuhan. Wajah Musa menjadi bercahaya ketika ia turun dari Gunung Sinai setelah bersekutu dengan Tuhan. Bukan saja orang Israel silau karena melihat cahaya Musa, tetapi mereka segan oleh wibawa dan kharisma Musa setelah bersekutu dengan Tuhan.

Suasana hati mempengaruhi kondisi wajah. Orang yang mengalami banyak tekanan atau stres, dalam hatinya banyak kekotoran dan kepahitan yang disimpan seringkali bermanifestasi di wajahnya. Oleh sebab itu sangat perlu menjaga suasana hati, dan satu hal sangat diperlukan adalah persekutuan dengan Tuhan, yaitu:

1. Membaca dan merenungkan Firman Tuhan.
Seperti Musa yang menerima dan membawa dua loh hukum Allah. Demikianlah kita harus selalu mengisi hidup kita dengan firman Tuhan yang akan menyucikan dan mengisi hati kita dengan kebaikan dan kemuliaan.
Kecantikan manusia batiniah akan terpancar melalui wajah (jasmani) berupa kesehatan dan wajah yang berseri-seri.

2. Bercakap-cakap (berdoa) dengan Tuhan.
Keluaran 33:11 (TB)  Dan TUHAN berbicara kepada Musa dengan berhadapan muka seperti seorang berbicara kepada temannya; kemudian kembalilah ia ke perkemahan. Tetapi abdinya, Yosua bin Nun, seorang yang masih muda, tidaklah meninggalkan kemah itu.

Musa telah menjadi teman atau sahabat Tuhan. Bila kita bersahabat dengan seseorang, maka kita akan mengikuti kebiasaan atau cara hidupnya. Tetapi bila kita bersahabat dengan Tuhan maka kita akan mengikuti kasih-Nya, karakter serta kemuliaan yang terpancar melalui wajah Tuhan.

Mazmur 27:8 (TB)  Hatiku mengikuti firman-Mu: "Carilah wajah-Ku"; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN.

Melalui renungan hari ini, biarlah kita semakin haus bersekutu dengan Tuhan melalui merenungkan firman Tuhan dan doa setiap hari. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages