Pria Jangan Menindik Telinga!



Selasa, 23 Januari 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 19-21

Keluaran 21:6 (TB)  maka haruslah tuannya itu membawanya menghadap Allah, lalu membawanya ke pintu atau ke tiang pintu, dan tuannya itu menusuk telinganya dengan penusuk, dan budak itu bekerja pada tuannya untuk seumur hidup.
Penampilan artis sinetron di TV seakan menyihir pemirsanya. Bagaimana tidak, banyak pengagumnya mengenakan jersey yang dipakai artis idolanya, mengikuti potongan rambut dan gaya fashionnya. Bahkan ada seorang artis pria yang ganteng menindik telinga dan memakai anting di telinganya ... astaga, banyak pengagumnya, para pria mulai menindik telinga dan memakai anting-anting.
Marilah kita mencermati fenomena tersebut. Firman Tuhan melarang para pria menindik (melubangi) telinganya. Apa sebabnya?
1. Tanda sebagai budak, bukan orang merdeka.
Dalam ayat tersebut dikatakan jika seorang budak yang tidak mau merdeka maka tuannya harus melubangi telinga budaknya. Kita semua telah dimerdekakan oleh Kristus, jangan lagi menjadi hamba dosa.
Roma 6:22 (TB)  Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal.
2. Tanda mencari pengakuan.
Pada umumnya para pria yang menindik telinganya untuk mencari pengakuan dan perhatian supaya kelihatan "wah". Jangan mencari pengakuan manusia, pengakuan manusia akan membawa kita kepada kesombongan. Kejarlah pengakuan Allah yang mengenal hidup Anda. Taati firman Allah, maka hidup Anda dalam pengakuan Allah.
Matius 7:23 (TB)  Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"
3. Tanda masa depan suram.
Perusahaan-perusahaan bonafit seringkali mencantumkan salah satu syarat pelamar pekerjaan: telinga tidak ditindik (bagi pria). Telinga yang ditindik merupakan tanda bahwa kehidupan atau masa lalu orang tersebut tidak baik. Saya pernah melakukan kesalahan menerima karyawan yang ditindik dan memakai anting-anting, walaupun seorang Kristen. Setelah beberapa bulan bekerja tiba-tiba pergi tanpa pamit, tanpa pertanggungjawaban, meninggalkan hutang dan membawa sebuah laptop. Setelah saya selidiki ternyata masa lalunya adalah seorang preman. Jangan merusak masa depan Anda yang cerah. Jangan menindik telinga supaya masa depan Anda tidak suram.

Bagi Anda yang memiliki anak-anak atau saudara, atau orang-orang yang Anda kasihi, peringatkanlah agar para pria jangan sampai menindik telinganya sebab hal itu tidak berkenan kepada Allah. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

1 komentar:

  1. Bagaimana dengan perempuan, apa bole ditindik dan memakai anting pd cuping telinga?

    BalasHapus

Pages